Cara Jitu #KuliahKerjaNgadisepi Mahasiswa Undip Kabupaten Temanggung


TEMANGGUNG – Tim II KKN UNDIP tahun 2019 Desa Ngadisepi melangsungkan kegiatan Pelatihan dan Praktik Pembuatan Pelet Ikan Lele oleh Dinas Perikanan Kab. Temanggung, Kamis (1/8/2019).

Kegiatan ini berlangsung dengan dilatarbelakangi oleh program pemerintah kabupaten yang menghendaki terciptanya ternak mandiri oleh masyarakat di Kabupaten Temanggung melalui pengembangan ternak lele. Pemerintah kabupaten telah memberi bantuan berupa terpal dan benih lele kepada masing-masing desa, dan masyarakat perlu untuk menjamin keberlangsungan program tersebut.

Melalui program ini, masyarakat Desa Ngadisepi diberi pelatihan serta praktik langsung pembuatan pelet ikan lele dengan bahan organik yang dibimbing langsung oleh perwakilan dari Dinas Perikanan Kabupaten Temanggung yang telah bekerja sama dengan Tim II KKN UNDIP tahun 2019 Desa Ngadisepi.

Antusias masyarakat yang tinggi mewarnai berlangsungnya program ini hingga acara berakhir lancar. Masyarakat tampak puas dengan materi yang disampaikan, apalagi dengan adanya praktik langsung yang dilakukan sendiri oleh masyarakat.

Program ini diharapkan mampu mendongkrak kelompok kerja masyarakat Desa Ngadisepi, khususnya dalam produksi pelet ikan lele secara mandiri untuk menjamin keberlangsungan program pemerintah.



Selain itu, dengan keterampilan masyarakat untuk memproduksi pelet ikan lele secara mandiri, diharapkan pula dapat menjadi salah satu cara masyarakat untuk meningkatkan branding nama Desa Ngadisepi di ranah yang lebih luas.


Nilai tambah lainnya adalah bahan yang digunakan untuk pembuatan pakan ikan lele ini merupakan bahan organik berupa dedak, tepung ikan, dan minyak ikan yang mudah didapat dan ekonomis. Sehingga, ini dapat menjadi kesempatan bagi masyarakat Desa Ngadisepi untuk meningkatkan perekonomian desa.