Tim KKN Undip Lakukan Pemetaan dan Pemeliharaan Sumber Mata Air


BATANG – Pada Jum’at (09/08/2019) lalu Tim II KKN Undip Desa Sidoharjo melakukan penanaman pohon di sumber mata air sekitar Desa Sidoharjo. Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan sebuah hasil dari eksplorasi potensi yang ada di Desa Sidoharjo, dimana di Desa Sidoharjo mempunyai banyak sumber mata air yang bisa digunakan untuk menghidupi masyarakat sekitar. Kondisi mata air di Desa Sidoharjo ini masih terjaga kelestariannya.

Mata air yang terdapat di Desa Sidoharjo terdapat di Dukuh Sengon, Bakalan dan Blijo. Pada pemetaan yang dilakukan mata air yang ada telah dilakukan pengelolaan oleh masyarakat tetapi dalam hal keberlanjutan kepengelolaan masih belum maksimal.

Hasil pemetaan kondisi mata air di Desa Sidoharjo pada mata air di Dukuh Bakalan diketahui telah dikelola oleh masyarakat dan pemerintah melalui pemanfaatan air untuk pemenuhan masyarkat sekitar walaupun masih belum semua bisa menikmati air tersebut.


Perawatan terhadap pipa-pipa yang menyalurkan air dari sumber mata air ke rumah warga masihlah perlu diperhatikan, hal ini dikarenakan kondisi wilayah yang berbelok-belok membuat pipa menjadi rawan lepas. Kemudian pada kondisi mata air di Dukuh Sengon juga masih terjaga dengan baik walaupun dalam dekat dengan pemukiman warga. Sedangkan pada sumber mata air Blijo, kondisi masih baik meskipun aliran airnya tidak begitu besar, masyarakat sekitar juga baru memanfaatkan sumber mata air tersebut.


Melihat keadaan sumber mata air yang ada di Desa Sidoharjo mahasiswa TIM II KKN di Desa Sidoharjo melakukan penanaman pohon untuk membuat alam yang ada disekitar mata air menjadi lebih terjaga. Penanaman pohon dilakukan di sumber mata air Bakalan pada Jum’at setelah Sholat Jum’at, pohon yang ditanam diharapkan bisa membuat mata air yang ada disekitarnya tetap terjaga dengan baik.


Bapak Taufiq selaku kepala Dukuh Bakalan mengungkapkan bahwa perlindungan dan perawatan sumber mata air haruslah terus dilakukan agar manfaat yang dihasilkan dari mata air untuk penghidupan masyarakat bisa terus didapatkan hingga ke depannya.