Tim KKN Undip Kecamatan Jambu Lakukan Pendampingan PIRT dan IUM


SEMARANG – Mahasiswa KKN Undip Tim II Desa Kelurahan, Kecamatan Jambu melaksanakan pendampingan pengurusan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Izin Usaha Mikro (IUM) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kelurahan (07/08/2019).

Program tersebut merupakan rangkaian program Revolusi Mental yang dibentuk oleh Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bertujuan untuk mempermudah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam mengurus izin usahanya. Program tersebut ditujukan untuk menciptakan usaha yang legal yang diakui oleh Pemerintah.

Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Izin Usaha Mikro (IUM) merupakan perizinan yang sebagian besar begerak di bidang pangan. Izin ini diperlukan  sebagai jaminan bahwa usaha makanan atau minuman yang dijual memenuhi standar produk pangan yang berlaku.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang terlibat dalam pengurusan perizinan yang dilakukan oleh TIM KKN Desa Kelurahan diantaranya yaitu Kaliga Coffee dan Kawah Coffee yang bergerak dalam pengolahan kopi robusta bubuk, serta industri pengolahan sate telur puyuh milik perseorangan.

Proses pengurusan PIRT dilakukan di Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang dan pengurusan IUM dilakukan melalui Online Single Submission (OSS) milik Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia.

Pengurusan PIRT dan IUM dilakukan untuk mendapatkan nomor PIRT dan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui beberapa prosedur yang harus dilakukan serta  persyaratan yang harus dipenuhi meliputi kelengkapan data diri dan data perusahaan.


Dengan terbitnya nomor PIRT dan Nomor Induk Berusaha (NIB) diharapkan para pelaku usaha dapat memperluas jangkauan distribusinya.