Tim KKN Undip Gelar Pelatihan Ecoprint dengan Teknik Pounding


TEGAL - Tim II KKN Undip Lebaksiu Kidul berhasil menyelenggarakan “Pelatihan Ecoprint dengan Teknik Pounding” melalui kerjasama dengan tim Pratesthi Batik & Craft, yang berasal dari Semarang (27/7/2019).

Ecoprint adalah teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alami. Adapun, pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari Ibu-ibu PKK Lebaksiu Kidul. Adapun, tiap RW mengirimkan 5-6 orang untuk mengikuti pelatihan ini.

Para Ibu-ibu PKK dengan antusias mengikuti setiap arahan yang diberikan oleh Pintya, selaku pemilik brand Pratesthi Batik & Craft.



Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan masyarakat (Ibu-ibu PKK) dapat melihat peluang usaha baru yang bermodal sedikit karena menggunakan bahan baku yang mudah untuk didapatkan seperti ilalang, dan tanaman liar yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar Desa Lebaksiu Kidul.


Adapun, diadakannya pelatihan ini berkaitan dengan salah satu program kerja BUMDES Lebaksiu Kidul, yaitu pembuatan label produk UMKM khas Lebaksiu Kidul, yaitu label “KIYE” yang nantinya akan dibedakan menjadi dua subproduk yaitu handycraft dan snack/makanan ringan.