Tim KKN Undip Desa Kemambang Tanamkan Budaya Gemar Membaca


KEMAMBANG - Bersama dengan anak-anak SDN Kemambang 02, Tim II KKN Undip Desa Kemambang mengadakan pembelajaran di perpustakaan desa pertama kalinya, Jumat (26/07/2019).

Meski matahari terik akan tetapi semangat anak-anak Desa Kemambang untuk belajar di perpustakaan desa tidak padam. Antusiasme anak-anak yang kebanyakan baru pertama kali mengunjungi perpustakaan desa sangat besar.

Terbukti dengan banyaknya anak-anak yang datang. Kebanyakan anak yang datang duduk di kelas 2 dan 3. Selain itu, anak-anak langsung menyerbu buku-buku yang tersedia di perpustakaan. Mulai dari buku bergambar, dongeng anak, buku cerita, komik, majalah bahkan buku pelajaran tak luput dari tangan mereka.

Suasana menjadi sedikit tidak terkontrol. Meski begitu sungguh menyenangkan melihat semangat anak-anak membaca. Beberapa anak yang belum lancar membaca juga berusaha keras berlatih dengan buku-buku di perpustakaan.

Bimbingan belajar ini diadakan rutin setiap hari jumat pukul 14.00 siang, selama Tim II KKN Undip berada di Desa Kemambang.

Tujuannya tidak lain untuk menanamkan budaya gemar membaca pada anak-anak sejak usia dini sekaligus mengadakan bimbingan belajar tambahan meskipun di hari-hari lainnya sudah ada bimbingan belajar di Posko KKN.

Harapannya kegiatan ini mampu menghidupkan perpustakaan Desa Kemambang.