Program KKN Undip, Manfaatkan Botol Bekas Menjadi Aquascape Sederhana


SOKAWANGI - Sabtu, 28 Juli 2019, mahasiswi KKN TIM II UNDIP 2019 melakukan kegiatan monodisiplin yaitu pemanfaatan botol plastik bekas menjadi aquascape sederhana (AQUATOL) atau aquascape dalam botol bersama dengan remaja Desa Sokawangi. Pelatihan ini memanfaatkan botol plastik bekas sebagai media yang dapat diolah.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah plastik, terutama botol plastik bekas. Peserta pelatihan ini berjumlah 20 orang remaja dengan tingkat usia yang berbeda. Kegiatan monodisiplin ini dilakukan di ruang kelas playgroup Desa Sokawangi pada pukul 14.00 – 17.00 WIB.

Selain pelatihan pembuatan aquascape sederhana, kegiatan monodisiplin ini juga mengenalkan mengenai prospek atau peluang usaha yang bisa didapatkan melalui penjualan produk daur ulang sampah plastik menjadi aquascape yang dapat dijual dan menguntungkan.


Peserta tampak antusias mengikuti serangkaian kegiatan tersebut. Peserta diberikan kesempatan untuk mencoba membuat aquascape secara langsung dari alat dan bahan-bahan yang telah disediakan. Setelah selesai, hasil karya para peserta dapat dibawa sebagai kenang-kenangan.