Pemanfaatan Genteng Bergelombang Sebagai Biofilter Air Kolam pada Budidaya Ikan


SEMARANG - Sebagian masyarakat Desa Dadapayam memiliki mata pencaharian sebagai pembudidaya dan pembibitan ikan lele.

Akan tetapi saat musim kemarau desa mengalami kekeringan sehingga para pembudidaya ikan lele jarang melakukan pergantian air dan mengakibatkan penurunan kualitas air.

Mahasiswa KKN Undip mengadakan program edukasi Pemanfaatan Genteng Bergelombang sebagai Biofilter Air Kolam pada Budidaya Ikan (6/9/2019).

Program ini dilakukan oleh salah satu mahasiswa KKN Undip, Alif Maulida Laili Amna, mahasiswa Oseanografi. Sasaran program ini adalah kelompok tani dan ternak Desa Dadapayam yang juga melakukan kegiatan budidaya ikan lele.


Kegiatan diawali dengan pembagian modul yang berisi materi dan cara pembuatan biofilter kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai cara pembuatan biofilter dan manfaatan penggunan biofilter baik untuk kegiatan budidaya dan partikel yang terperangkap dapat digunakan sebagai pupuk.

Para anggota KTT selama menyampaian materi terlihat antusias dan melakukan tanya jawab.

Harapannya dengan program tentang salah inovasi dalam penyaringan air dengan sistem biofilter sederhana yang dapat mengefisiensi penggunaan air untuk budidaya ikan serta menjaga kualitas air kolam budidaya.