Menengok Cireng dan Natade Aloevera Ala Mahasiswa KKN Undip


KAB. SEMARANG – Minggu (28/7/2019) Mahsiswa KKN Undip Tim II mengadakan pelatihan pembuatan nata de alovera dan cireng ikan. Nata de Aloevera sendiri disampaikan oleh Sarsa mahasiwa Biologi.Ia memilih Nata de Alovera sebagai inovasi produk dari lidah buaya, produk ini dipilih karena dilihat banyaknya tanaman lidah buaya disekitar Desa Kebumen sehingga hal itu memudahkan masyarakat setempat apabila ingin menjadikan produk ini sebagai salah satu ciri khas produk di Desa Kebumen, Banyubiru.

Selain memberikan pelatihan mengenai pengolahan lidah buaya, Tim KKN Undip juga memberikan pelatihan mengolah cireng yang dicampur dengan ikan. Hal ini dilihat dari keunggulan dari Desa Kebumen sendiri yaitu banyaknya ikan disekitar desa, banyak masyarakat yang memiliki kolam ikan sendiri di masing-masing halaman belakang rumah warga setempat.

Salma dan Sarsa mengakui bahwa nata de aloevera dan cireng ikan adalah produk makanan yang mudah dibuat sehingga diharapkan ibu-ibu setempat mampu mengulangi pembuatannya lagi dengan panduan resep yang telah mereka bagikan.



Banyak sekali masyarakat yang antusias menyambut Tim KKN Undip, seperti yang dituturkan oleh Ibu Widya masyarakat setempat, ia mengatakan bahwa produk-produk yang di demonstrasikan oleh Sarsa dan Salma ini bisa menjadi pemicu kreativitas ibu-ibu setempat, produk-produk ini bisa saja menjadi peluang bisnis UMKM yang ada di desa mereka karena pengolahan yang mudah serta dirasa cukup menarik peminat.