Kreasi Mahasiswa KKN Undip, Kopi Bukan Sekadar Kopi


KAB. SEMARANG – Kamis (08/08/2019) telah terlaksana program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKN Undip Tim II. Program multidisiplin yang terlaksana yaitu “Pembuatan SKOPI (Sabun Kopi) Sebagai Optimalisasi Hasil Pertanian Desa Wirogomo” dan program monodisiplin “Pengolahan Pengharum Kopi”.

Kegiatan dilaksanakan di Dusun Kendal Duwur, Desa Wirogomo tepatnya di kediaman Pak Jamari selaku Kepala Dusun Kendal Duwur. Sebanyak 20 orang ibu rumah tangga berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Kegiatan diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan materi pembuatan pengharum kopi oleh Aldodi Pratama dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip. Proses pembuatan pengharum kopi sangat mudah dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Beras kopi disangrai hingga harum kemudian dimasukkan kedalam pouch, diberi label dan siap dipasarkan.

Pengharum kopi selain berfungsi untuk memberi keharuman, juga berfungsi untuk menyerap bau keringat, bau asap rokok, dan lainnya.

Materi kedua yaitu pembuatan sabun kopi oleh Anis R. Aisy dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip. Bahan yang digunakan meliputi bahan kimia texaphone, camperline, bubuk kopi, garam, dan minyak zaitun. Meskipun menggunakan bahan kimia, namun bahan kimia tersebut dijual bebas dengan harga terjangkau.

Seluruh bahan dicampurkan dengan takaran tertentu, kemudian dimasukkan ke dalam pouch plastik dan siap dipasarkan. Kandungan kopi yang kaya antioksidan dan vitamin B3 bermanfaat untuk menutrisi kulit, melindungi kulit dari sinar UV, menghilangkan selulit di tubuh serta dapat melindungi tubuh dari kanker kulit.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama. Selama kegiatan, peserta antusias dan aktif bertanya. Diharapkan dengan terlaksananya program ini, dapat menjadi sarana transfer learning dari mahasiswa KKN ke masyarakat.

Penduduk Desa Wirogomo diharapkan semakin mampu untuk mengolah potensi pertanian kopi agar memiliki nilai jual lebih sehingga bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.