Wujudkan Desa Bersih, Mahasiswa KKN Undip Beri Penyuluhan Sampah


PETARUKAN – Mahasiswa KKN Undip melaksanakan program penyuluhan pengelolaan sampah di Balai Desa Kendaldoyong yang diikuti oleh ibu-ibu PKK, dan bapak-bapak dalam rangka mengedukasi masyarakat agar mengurangi pembuangan sampah sembarangan dan dapat mengelola sampah hasil dari rumah tangga, Selasa (23/7/2019).

Acara ini dimulai dengan menyanyikan Mars PKK, lagu Indonesia Raya, dan Pemalang Ikhlas pada pukul 16.00 WIB. Mahasiswa KKN tidak lupa memperkenalkan diri sebelum Ibu Muslikha, selaku Ibu Kepala Desa dan Ketua PKK serta Koordinator Desa memberikan sambutan yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dari Tim II KKN Undip. Materi yang diberikan berisi tentang pengelolaan sampah maupun bahaya yang bisa diakibatkan oleh sampah itu sendiri.

Penyuluhan diberikan oleh Koordinator Desa dan mahasiswa dari Teknik Lingkungan selaku pembicara dan masyarakat tampak antusias mengikuti acara. Pada saat pemaparan, bapak-bapak lebih tertarik pada saat mahasiswa memaparkan tentang bagaimana cara pembuatan kompos dan ibu-ibu PKK pada saat kerajinan tangan.


Setelah pemaparan selesai, masyarakat banyak memberikan pertanyaan seputar materi dan terlihat bersemangat dalam menanggapi materi yang telah diberikan oleh Tim II KKN. Acara ini selesai pada pukul 17.30 WIB dan ditutup dengan acara dari PKK sendiri.