Tingkatkan Keselamatan, Tim KKN Undip Gelar Pelatihan Rambu Lalu Lintas


KAUMAN - Telah terlaksana pelatihan dan pengenalan dasar-dasar rambu lalu lintas di Desa Kauman pada sabtu 20 Juli 2019. Acara tersebut dimulai pukul 08.00 pagi dan diikuti oleh 40-an siswa SD Kartini. Dalam acara tersebut juga di iringi dengan permainan mendidik serta bermain bersama.

Di awali dengan pengenalan anggota tim KKN Undip, acara ini berlangsung cukup meriah karena ditunjang dengan berbagai hadiah serta makanan ringan guna meningkatkan antusias adik-adik TK. Acara dibawakan oleh pelaksana program kerja KKN, yaitu Wieyna Lya mahasiswi Fakultas Hukum 2016. Menurut Ibu Kepala Sekolah TK Kartini, acara ini cukup bagus untuk mengenalkan kepada siswa didik dan orang tua akan pentingnya tertib lalu lintas.

Sebelum dimulai acara inti, dilaksanakan bernyanyi bersama terlebih dahulu guna menambah semangat adik-adik. Baru setelah itu dimulai beberapa peragaan simbol lalu lintas dengan dipandu mbak Wieyna. Tidak lupa setelah pengenalan simbol, dilaksanakan praktik penerapan simbol lalu lintas secara langsung dengan pernainan kereta-keretaan.



Di akhir sesi ditutup dengan pembagian hadiah dan susu serta biskuit kepada seluruh siswa. Siswa TK Kartini terlihat cukup antusias dalam mengikuti acara ini, hal tersebut dapat diamati dari terjaganya situasi kondusif selama acara berlangsung. Pengenalan simbol lalu lintas sangat penting untuk dilaksanakan sedini mungkin dengan cara yang benar. Acara yang berlangsung sekitar satu jam itu, turut dihadiri oleh wali murid guna menanamkan kesadaran dalam menjaga anak-anaknya dari bahaya berlalulintas.

Perlu diketahui angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih terbilang sangat tinggi dan yang lebih memprihatinkan adalah kecelakaan didominasi oleh pelajar. Hal ini menjadi perhatian khusus karena semestinya pelajar terdidik memiliki fasilitas penunjang paling baik untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Namun karena kelalian orang tua dan pihak sekolah, maka pelajar pun terpelosok dijalan yang salah seperti balapan liar yang cukup membahayakan.


Pelatihan dasar-dasar rambu lalu lintas ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran bersama akan pentingnya tertip berlalu lintas untuk menjaga disi sendiri dan orang lain.