Tim KKN Undip Desa Kauman Kenalkan Budaya Nusantara Sejak Dini


KAUMAN - Telah terlaksana pengenalan tentang budaya – budaya Indonesia melalui “Gerakan Aku Cinta Budaya Indonesia” di SD Negeri Kauman 02 pada hari Kamis, 25 Juli 2019. Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh 25-an siswa kelas II SD Negeri Kauman 02.

Acara tersebut diawali dengan perkenalan dengan anggota KKN Undip Desa Kauman, acara ini berlangsung cukup meriah yang didukung dengan berbagai hadiah serta makanan ringan untuk meningkatkan antusias dan semangat adik – adik kelas II. Acara dibawakan oleh salah satu anggota TIM II KKN Undip Desa Kauman, yaitu Agung Raka Dewangga mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya jurusan Antropologi 2016.

Setelah perkenalan dengan semua anggota KKN Undip Desa Kauman, acara langsung dilanjutkan dengan pengisian materi tentang budaya – budaya Nusantara.

Selain materi, juga diisi dengan menonton video bersama, guna meningkatkan fokus adik – adik dan mengembalikan kembali semangat serta perhatian mereka. Tak lupa, setelah menonton video, beberapa adik – adik diminta maju ke depan untuk mencontohkan berbagai macam bahasa yang telah disampaikan. Kemudian ditutup dengan pembagian hadiah dan bernyanyi bersama.


Selama acara berlangsung, adik – adik kelas II SD Negeri Kauman 02 terlihat sangat bersemangat dan antusias, hal tersebut dapat diamati dari terjaganya situasi kondusif selama acara berlangsung.


Acara tersebut bermaksud mengenalkan budaya nusantara sejak dini kepada siswa SD, dengan tujuan untuk membuat siswa mengetahui budaya yang ada di Indonesia terkhusus budaya dari daerah tempat tinggalnya.