Tim KKN Undip Desa Karangasem Gelar Pelatihan Pembuatan ESJAKA


REMBANG – Mahasiswa KKN Tim 2 Universitas Diponegoro (Undip) melakukan pelatihan pembuatan ESJAKA, Es Krim Jagung Khas Karangasem, Jumat, 26 Juni 2019.

ESJAKA adalah es krimyang dibuat dengan bahan dasar jagung yang mana jagung yang digunakan ialah jagung yang ditanam di Desa Karangasem. Kegiatan yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK desa Karangasem ini mendapat respon positif dari pesertanya.

Pembuatan ESJAKA tidak berbeda jauh dengan cara pembuatan es krim biasa, yakni dengan bahan dasar whipped cream yang dapat diganti dengan susu bubuk, gula, susu kental manis dan pengembang kue. Bahan-bahan dasar tersebut dicampur dan diblender dengan es batu.

Untuk jagung, jagung yang sudah dipisahkan dari jonggolnya diblender sampai halus, setelah itu jagung yang sudah halus disaring untuk mengeluarkan sari-sarinya dan kemudian dimasak dengan api kecil.

Sari-sari jagung dan adonan tersebut disatukan kemudian diblender sampai tercampur dengan rata. Setelah itu es krim dimasukkan ke dalam wadah dan disimpan dalam lemari es selama 4-6 jam. ESJAKA siap untuk dikonsumsi.


Dengan pelatihan ESJAKA ini diharapkan ibu-ibu PKK dan masyarakat dapat mengerti dan mengembangkan potensi-potensi Desa Karangasem dalam hal pertanian.