Tim KKN Undip Ajari Warga Bikin Pakan Ternak dari Limbah Jerami


REMBANG – Tim KKN Undip di Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang telah menggelar pelatihan pembuatan pakan ternak dari jerami padi untuk warga setempat. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Juli 2019 di Dusun Kedungdowo.

“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat menunjang penggunaan limbah jerami padi oleh para peternak, karena peternak akan menghadapi musim kemarau panjang yang mengakibatkan sulitnya mencari pakan untuk ternak-ternak mereka,” kata Dinda Ayu Hamdalah Mahasiswa KKN Tim II Undip Desa Sidorejo.

Menurut Dinda, tujuan pelatihan pembuatan pakan ternak ini adalah memberikan pengetahuan kepada warga Desa Sidorejo tentang cara mengatasi permasalahan pakan ternak pada musim kemarau dan melakukan pelatihan cara membuat pakan ternak dengan memanfaatkan limbah pertanian di sekitar Desa Sidorejo. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini peternak Desa Sidorejo dapat mengatasi sulitnya mencari pakan ternak pada musim kemarau, serta dapat menurunkan biaya untuk pakan ternak.


Kegiatan pembuatan pakan ternak berbahan dasar jerami padi ini memiliki manfaat berupa kandungan gizi yang bermanfaat baik untuk ternak.


“Tindaklanjut yang diharapkan kepada seluruh peternak adalah agar memiliki ketrampilan dalam menciptakan pakan untuk ternak mereka sehingga biaya untuk pakan lebih minimal dan terpenuhinya kebutuhan gizi hewan ternak,” katanya. Penyuluhan tentang pembuatan pakan ternak ini cukup membantu para peternak di Desa Sidorejo.