Sehatkan Badan, Tim KKN Undip Gelar Senam Bersama Warga Kauman


KAUMAN - Telah terlaksana senam bersama warga lansia di Desa Kauman pada sabtu 13 Juli 2019. Acara tersebut dimulai pukul 08.00 pagi dan diikuti oleh 30an lansia. Dalam acara tersebut juga dihadiri seluruh anggota tim KKN Desa Kauman yang ikut berpartisipasi aktif mempersiapkan keperluan teknis dan merapikan tempat.

Di awali dengan doa bersama, acara ini berlangsung cukup meriah karena ditunjang dengan posyandu guna memeriksa kesehatan para lansia. Senam dipimpin oleh seorang peraga senam dan dipadu dengan iringi dengan beberapa lantunan musik yang membuat para peserta cukup terhibur. Menurut Ibu Kepala Desa Kauman, senam ini berlangsung rutin setiap bulannya bertempat dipelataran rumah Kepala Desa.

Sebelum dimulai senam, dilaksanakan pemanasan dengan meregangkan otot-otot kaku terlebih dahulu. Baru setelah itu dimulai beberapa gerakan dengan panduan struktur. Di akhir sesi ditutup dengan pendinginan agar terjadi keram otot. Warga lansia Desa Kauman cukup antusias dalam mengikuti acara ini, hal tersebut dapat diamati dari keikutsertaan warga sampai sesi akhir senam. Tidak hanya itu, diakhir acara juga disediakan makanan ringan dan minuman secukupnya. Senam lansia sangat baik untuk dilaksanakan dengan tata cara yang benar.


Acara yang berlangsung sekitar satu jam itu, turut dihadiri oleh bidan desa yang membantu memeriksa kondisi lansia karena pengecekan kondisi peserta sangat penting untuk dilaksanakan sebelum senam berlangsung. Beberapa hal yang perlu diketahui sebelum senam berlangsung meliputi:

1.      Lansia harus dipastikan dalam kondisi nyaman dengan kesehatan yang baik.
2.      Cek denyut jantung, dan pastikan denyut jantung berkisar antara 60 – 100 kali per menit.

Perlu diketahui senam lansia memiliki gerakan dan kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan senam aerobik pada umumnya. Selain dapat menjaga kesehatan jantung dengan memperlancar aliran darah, manfaat lain dari senam lansia adalah untuk menjaga kesehatan psikologis para lansia.


Banyak penyakit yang dapat dikurangi resikonya dari pelaksanaan senam lansia secara rutin seperti; penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Dalam laman American Council on Exercise juga menunjukkan bahwa senam lansia dapat membantu meningkatkan daya ingat para orang tua, sehingga mengurangi resiko penyakit alzeimer.