Menengok Program Pembantuan Tim KKN Undip untuk Masyarakat Sambirejo


SEMARANG – Mahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro (Undip) 2018/2019 membantu warga desa Sambirejo dalam memeriahkan HUT RI KE-74. Disini masyarakat gotong royong dalam melakukan pekerjaan menghias desa agar lebih meriah.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain yaitu menebang pohon bambu yang akan dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan gapura pada jalan masuk kedalam dusun yang berada di desa Sambirejo.

Setelah itu kemudian bambu tersebut dipotong dengan ukuran kurang lebih 40 cm. lalu dibangun menjadi sebuah rangkaian gapura kemudian di cat. Selain itu kami juga mengecat pos untuk siskamling dan tangkai bambu untuk umbul-umbul dengan warna merah putih.

Setelah kegiatan tersebut berlangsung, Mahasiswa KKN Fakultas Teknik Universitas Diponegoro telah menyerahkan Peta Administrasi dan Peta Tata Guna Lahan. Pembuatan peta ini dibuat selama beberapa pekan bekerjasama dengan pihak perangkat desa guna mendapatkan informasi yang valid tentang Desa Sambirejo.


Peta Administrasi Desa dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mengetahui batas administrasi desa secara dua dimensi, sehingga masyarakat dapat mengetahui gambaran batas desa, batas dusun, akses antar wilayah, letak sungai, hingga lokasi RT dan RW pada Desa Sambirejo.

Selanjutnya adalah Peta Tata Guna Lahan. Peta ini berguna untuk mengetahui kondisi terkini penggunaan wilayah di Desa Sambirejo. Selain mengetahui penggunaan lahan, peta ini juga dapat membantu perencanaan pembangunan di Desa Sambirejo.


Diketahui kondisi terkini pada Desa Sambirejo penggunaan lahan terbagi menjadi empat kelompok yaitu, pemukiman, sawah, tegalan, dan hutan.