Menengok Kegiatan Mahasiswa KKN Undip Desa Sejomulyo


Pengajian Bersama Pondok Pesantren

Sejomulyo (10/7) – Telah dilaksanakan kegiatan pengajian yang diikuti oleh pondok pesantren dan ibu-ibu pkk Desa Sejomulyo. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak dan Ibu Kepala Desa, anak-anak pondok pesantren dan para mahasiswa KKN Desa sejomulyo. Kegiatan Pengajian diikuti kurang lebih 100 orang Siswa Pondok Pesantren. Posyandu balita dimulai dari kegiatan membaca doa alfathihah  lalu dibacakan ayat suci alquran dan sholawat nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini ditunjang dengan adanya pembagian snack dan makan siang untuk Siswa Pondok Pesantren yang datang. Kegiatan ini dilakukan di rumah Kepalad Desa Sejomulyo, Bapak Sudar. Persiapan sebelum pengajian dibantu oleh Tim Mahasiswa KKN dengan menggelar tikar, persiapan snack dan minuman dan lain sebagainya.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 11.30 – 13.00 WIB yang bertempat di Rumah Bapak Kepala Desa, Bapak Sudar. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan kerukunan antar umat beragama. Serta mewujudkan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa Allah SWT. Acara berlangsung dengan lancar dimana sesi terahir diisi dengan pembagian makan siang kepada anak-anak pondok pesantren yang diteruskan dengan bersalam-salaman antara semua anak pondok pesantren dengan Tim KKN Undip Desa Sejomulyo dengan Bapak dan Ibu Kepala Desa, Desa Sejomulyo.


Kerja Bakti Dalam Rangka Lomba Sekolah Sehat


Sejomulyo (13/7) – Telah dilaksanakan kerja bakti Tim KKN Undip kepada salah satu SD yang ada di Desa Sejomulyo. SD yang dikunjungi yaitu SD N 01 Sejomulyo. Kegiatan ini juga dihadiri oleh kepala desa Bapak Sudar dan kepala Camat. Dilakukan kerja bakti pada SD ini karena akan dilaksanaka lomba sekolah sehat tingkat kabupaten pati pada tanggal 22 Juli 2019. Tim KKN Undip dibantu dengan sejumlah tokoh guru serta siswa SD dari sekolah yang bersangkutan. Kegiatan dilakukan mulai pukul 09.00 sampai selesai. Kegiatan ini dimulai dengan pemisahan sampah-sampah organic yang mudah terurai dengan yang anorganik yang tidak mudah terurai. Lalu dilanjutkan dengan pembersihan kolam ikan, penanaman tanaman sehat, kebersihan lingkungan, penataan ulang perpustakaan, kebersihan kelas dan lain sebagainya. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama Tim KKN Undip dengan Kepala Desa dan Kepala Camat.
     
Kegiatan ini selain untuk menjadikan  contoh bahwa SD sejomulyo 01 menjadi sekolah sehat, juga untuk menumbuhkan jiwa semangat, serta mengamalkan prinsip kebersihan merupakan sebagian dari iman oleh seluruh civitas akademika SD N Sejomulyo 01.


Kegiatan Posyandu Balita Desa Sejomulyo

Sejomulyo (17/7) Telah dilaksanakan kegiatan posyandu balita oleh bidan desa yang dibantu TIM II KKN DESA SEJOMULYO. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Sejomulyo yang dihadiri oleh seluruh peserta TIM II KKN Undip Desa Sejomulyo dan juga ibu-ibu yang membawa balita nya untuk mengikuti kegiatan posyandu balita. Kegiatan di mulai pukul 09.00 pagi dengan jumlah peserta sekitar 40 ibu beserta balitanya. Posyandu ini diawali dengan kegiatan pengukuran berat badan kemudian juga tinggi balita, serta imunisasi balita hingga pencatatan perkembangan balita. 

Balita yang hadir pun terlihat bahagia dengan adanya fasilitas permainan yang disediakan di posyandu, seperti bola-bola yang mengasah motorik anak, boneka dan mobil mainan yang dapat dinaiki anak Balita, namun masih adanya balita yang menangis karena takut disuntik dan juga balita yang kepanasan.

Posyandu Balita ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap 1 bulan sekali pada tanggal 17. Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud memberikan suatu pelayanan kesehatan pada balita di desa Sejomulyo untuk mengetahui tingkat kesehatan balita, meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit balita, dan kegiatan pencegahan terhadap penyakit pada balita. Kegiatan inipun dapat pula meningkatkan hubungan erat antar ibu para balita dan juga hubungan balita kepada ibunya.


Persiapan Lomba Sekolah Sehat SD N 01 Sejomulyo

Sejomulyo (18/7) Dalam rangkaian menuju perlombaan sekolah sehat kabupaten Pati, SDN 01 Sejomulyo melakukan kegiatan pengadministrasian dan pencatatan pada ruangan UKS yang dibantu oleh anak-anak SDN 01 Sejomulyo dan TIM II KKN Undip Desa Sejomulyo. Kegiatan ini dilakukan untuk membuat database tentang seluruh kegiatan administrasi yang ada pada ruangan UKS seperti daftar tamu UKS, daftar pencatatan penyakit pada UKS hingga daftar tanaman obat dan perkembangannya di sekitar sekolah. Kegiatan ini dimulai pukul 14.00 setelah pulang sekolah sehingga masih terdapat siswa-siswi SDN 01 Sejomulyo yang ikut membantu. Siswa siswi SDN 01 Sejomulyo terlihat antusias dalam membantu mempersiapkan sekolahnya untuk mengikuti lomba sekolah sehat se-kabupaten Pati. 

Kegiatan diawali dengan mengisi majalah dinding SDN 01 Sejomulyo dengan artikel-artikel yang telah di cetak baik oleh pihak sekolah maupun dari pihak TIM II KKN Undip Desa Sejomulyo. Setelah itu, juga kita membantu menanam tulisan mengenai nama tanaman untuk pengenalan juga kepada siswa siswi SDN 01 Sejomulyo. Kemudian kita TIM II KKN Undip Desa Sejomulyo membantu pengadministrasian pada ruang UKS. Siswa siswi SDN 01 Sejomulyo dalam melakukan kegiatan persiapan ini dipenuhi dengan semangat sehingga dapat berjalan dengan lancar dan cepat sehingga pada pukul 16.00 kegiatan pencatatan selesai.

Setelah melakukan kegiatan tersebut di SDN 01 Sejomulyo, TIM II KKN Undip Desa Sejomulyo membantu memasang bendera merah putih dalam rangka persiapan penyambutan HUT RI yang ke 74 tanggal 17 Agustus dan juga menyambut sedekah bumi untuk hari Rabu 24 Juli 2019. Dalam kegiatan memasang bendera ini sendiri dibantu juga beberapa warga desa Sejomulyo dan juga didampingi kepala desa Pak Sudar dalam memasang bendera merah putih tersebut. Pemasangan bendera terletak pada jalan raya utama jalan Sejomulyo-Jakenan dan juga sekitar Lapangan serta Balai Desa Sejomulyo.


Malam Tasyakuran Sedekah Bumi Desa Sejomulyo

Sejomulyo (23/7) Membuka Rangkaian Sedekah Bumi Desa Sejomulyo dengan adanya tasyakuran  warga desa. Kegiatan ini bertempat pada areal pekuburan warga pada dukuh Gadungan tepatnya pada makam leluhur almarhum Kaki Subadil yang merupakan salah satu tetua pada desa Sejomulyo. Tasyakuran di mulai sehabis shalat isya sekitar pukul 19.00 warga dari 3 RW di desa Sejomulyo datang berbondong-bondong untuk mengikuti rangkaian pembuka Sedekah Bumi ini. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dari Bapak Kepala Desa, dilanjut dengan ceramah dari ulama setempat yang dapat mencerahkan warga masyarakat, dan acara dilanjutkan dengan berdoa bersama dan bershalawat dengan maksud bersyukur dan memohon kelancaran untuk rangkaian sedekah bumi ini.  


Sedekah Bumi Desa Sejomulyo

Sejomulyo (24/7) Telah dilaksanakan kegiatan Sedekah Bumi Desa Sejomulyo yang dilaksanakan di area pekuburan warga pada dukuh Gadungan tepatnya pada makam leluhur almarhum Kaki Subadil yang merupakan salah satu tetua pada desa Sejomulyo. Acara ini dilakukan pada pukul 11.00 sampai 15.00 kemudian acara dilanjutkan pukul 19.00 sampai selesai, bertempat di depan Balai Desa yang mana terdapat panggung yang sudah disediakan untuk acara. Acara Sedekah Bumi ini bermaksud untuk mensyukuri atas hasil-hasil yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada masyarakat desa Sejomulyo dan selalu ingat kepada Yang Maha Kuasa. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga desa Sejomulyo beserta perangkat desanya dan KKN TIM II Undip Desa Sejomulyo. Acara ini berjalan dengan lancar yang diawali dengan permainan gamelan dan dilanjut dengan tari-tarian lalu juga pada sore hari terdapat panjat pinang dan pada malam hari nya dilanjut dengan tari-tarian lagi. Warga desa Sejomulyo mengikuti acara dengan antusias.

Karnaval Desa Dalam Rangka Acara Sedekah Bumi

Sejomulyo (28/7) Telah dilaksanakan karnaval desa Sejomulyo yang dilakukan sebagai bagian dari rangkaian Sedekah Bumi Desa Sejomulyo. Kegiatan karnaval ini sendiri dimulai pukul 07.00 yang diawali dengan berkumpul di lapangan sepakbola sebelah Balai Desa. Kegiatan ini diikuti oleh warga di tiap RT di desa Sejomulyo dengan berpenampilan yang menarik bahkan ada yang unik dengan riasan yang menawan dan juga atribut-atribut yang sudah dipersiapkan untuk memeriahkan kegiatan karnaval ini. Kegiatan karnaval ini merupakan kegiatan jalan santai mengelilingi desa dengan pakaian yang menarik dan juga tiap-tiap RT yang mengikuti kegiatan ini menampilkan sesuatu yang menarik seperti contohnya ada yang menari, senam dan sebagainya. Warga desa Sejomulyo yang mengikuti kegiatan ini sangat terlihat antusias sehingga berjalan lancar dan meriah bahkan warga yang hanya menonton pun terlihat terhibur dengan penampilan dari para peserta kegiatan ini sendiri. Setelah mengelilingi desa, para peserta kegiatan karnaval akan kembali ke lapangan tempat awal berkumpul untuk mengikuti rangkaian acara berikutnya yaitu undian doorprize bagi yang membeli kupon doorprize.


Ketoprak Dalam Rangkaian Acara Sedekah Bumi Desa Sejomulyo

Sejomulyo (30/7) Telah dilaksanakan acara ketoprak sebagai bagian dari perayaan hari sedekah bumi Desa Sejomulyo. Ketoprak merupakan salah satu kesenian Jawa Tengah yang menampilkan sebuah pentas drama tradisional dengan diikuti oleh musik gamelan. Acara ketoprak dilakukan di salah satu dukuh Desa Sejomulyo, yaitu di Dukuh Gadungan yang dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 04.00 WIB. Kesenian ketoprak diawali dengan iringan musik gamelan dengan diikuti oleh nyanyian seorang sinden yang menyanyikan tembang atau lagu jawa. Kemudian penampilan drama dari sebuah cerita tradisional atau cerita pewayangan yang dimainkan oleh pemain ketoprak. Penyampaian drama ketoprak merupakan bagian inti dari kesenian ketoprak yang disampaikan dengan menggunakan Bahasa Jawa.

Kemudian terdapat bagian hiburan yaitu berupa penyampaian “dagelan” oleh pemain ketoprak. Acara ketoprak Desa Sejomulyo menceritakan kisah pewayangan dari Kerajaan Majapahit. Acara diikuti oleh warga Desa Sejomulyo dengan antusias tinggi, bukan hanya dari warga lokal namun juga diikuti oleh warga desa lain. Mayoritas penonton ketoprak di waktu siang hari sampai dengan pukul 20.00 WIB (malam hari) diikuti oleh anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak, dan usia lanjut. Sedangkan pada malam hari sampai pagi mayoritas penonton ketoprak adalah bapak-bapak. Desa Sejomulyo sendiri termasuk salah satu Desa di Kecamatan Juwana yang masih melestarikan adat budaya JawaTengah dan memiliki antusias tinggi terhadap pertunjukan ketoprak.


Ketoprak Dalam Rangkaian Acara Sedekah Bumi Desa Sejomulyo

Sejomulyo (1/8) – telah dilaksanakan kesenian Barongan dalam rangka memeriahkan perayaan Sedekah Bumi. Barongan dalam kesenian barongan adalah suatu pelengkapan yang dibuat menyerupai Singo Barong atau Singa besar sebagai penguasa hutan angker dan sangat buas. Di Desa Sejomulyo ini, kesenian Barongan berbentuk tarian kelompok yang terdiri dua orang, yang menirukan keperkasaan gerak seekor Singa Raksasa. Peranan Singo Barong secara totalitas. Beberapa perlengkapan yang berfungsi sebagai instrumen musik antara lain: Kendang, Gedhuk, Bonang, Saron, Demung dan Kempul atau biasa disebut gamelan.

Bunyi gamelan dipadu dengan suara seseorang yang menyerupai suara singa Barongan berhasil membuat suasana mencekam dan beberapa warga ketakutan. Selain itu, terdapat pula tari tradisional yang ditampilkan oleh lima remaja putri. Banyak warga dari anak-anak hingga orang tua yang sangat antusias menyaksikan walaupun cukup larut malam. Kegiatan ini berlangsung sekitar pukul 20.00-23.00. Para penjual makanan dan minuman turut menambah keseruan warga yang datang.


Mahasiswa UNDIP Menciptakan Bank Sampah Bagi Warga Desa Sejomulyo

Sejomulyo (2/8) Telah dilaksanakan kegiatan monodisiplin dari mahasiswa KKN bidang keilmuan Teknik Lingkungan. Program monodisiplin yang dilaksanakan yaitu program bank sampah. Kegiatan terdiri dari pemaparan atau penjelasan tentang bank sampah, pemilihan pengurus bank sampah yang mana akan menjadi kader dari bank sampah, dan pendirian secara fisik bank sampah tersebut. Output dari program monodisiplin ini adalah berupa banner struktur organisasi bank sampah .

Kegiatan pembentukan bank sampah dimulai dari pukul 09.30 WIB sampai dengan 15.00 WIB yaitu dari pemaparan materi atau pemberian penjelasan serta pendampingan bagaimana bank sampah dapat berjalan, dilanjutkan dengan pemilihan pengurus bank sampah sebagai kader, pemilahan sampah dan penataan ruangan atau lokasi untuk bank sampah. Sehingga diharapkan masyarakat dapat menjalankan kegiatan bank sampah sendiri setelah mahasiswa KKN telah menyelesaikan tugas KKN di Desa Sejomulyo.


“Public Speaking Hearing” Supaya anak Pandai Berbahasa Inggris

Sejomulyo (2/8) – telah dilaksanakan program monodisiplin dari mahasiswa KKN dari program studi Sastra Inggris yaitu Public Speaking Dasar melalui Film Animasi Berbahasa Inggris. Program ini berfokus memberikan materi bahasa inggris berbasis fun learning dengan media film pendek berbahasa inggris. Para siswa terlihat sangat antusias ketika menonton. Setelah film diputar, beberapa siswa maju ke depan kelas untuk menceritakan kembali isi film tersebut.


Dilanjutkan dengan pendalaman kosa kata yang terkait. Pembelajaran dimulai pukul 07.00-08.30 WIB yang sasarannya merupakan siswa kelas enam SD N 01 Sejomulyo. Output dari pembelajaran ini berbentuk buku saku yang dibagikan ke para siswa.