Kreatif, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Hand Sanitizer dari Pohon Pisang


JEPARA – Kesehatan menjadi salah satu aspek penting yang ada pada masyarakat yang juga menjadi indikator kesejahteraan pada masyarakat pedesaan. Upaya dalam mempertahankan kesehatan yang paling mudah adalah dengan cara mencuci tangan sebelum beraktivitas dan sesudah aktivitas.

Di samping itu, tumbuhan pisang yang cukup banyak ditanam warga Desa Sekuro menjadi suatu keunggulan bagi masyarakatnya. Hampir setiap pekarangan rumah warga, terdapat tumbuhan pisang yang ditanam warganya.

Walaupun jumlah penanaman pohon pisang tidak terlalu banyak, potensi ini dilirik oleh mahasiswa KKN di Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, untuk dijadikan handsanitizer sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan demi menjaga kesehatan.

Pembuatannya cukup sederhana. Pelepah pisang yang telah dicuci, dikupas hingga terlihat jaringan sponsnya. Potong-potong dengan ukuran kecil, lalu gerus atau blender potongan pisang tadi sehingga keluar sarinya. Setelah itu saring sari tersebut lalu disetrilisasi dengan cara direbus.


Campuran bahan lain seperti lidah buaya dan alkohol 70%. Setelah semua dicampur, pembersih tangan yang sudah jadi tersebut dituang dalam sebuah wadah dan penggunaannya pun mirip dengan handsanitizer pada umumnya.

Perlu diketahui juga, produk ini ada dua jenis, antara lain model spray dan gel. Harapannya, dengan adanya perkenalan produk ini, masyarakat menjadi lebih sadar akan kesehatan di Desa Sekuro