Expo KKN Undip, Produk Unggulan Banjiri Area Reban Raya


BATANG - Reban Raya yang berlokasi di Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah menjadi lokasi dilaksanakannya expo Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) pada Kamis (8/08/2019). Sejumlah produk unggulan dari berbagai desa di Kecamatan Reban, Kecamatan Bawang, dan Kecamatan Blado ditampilkan dalam acara tersebut.  Acara Expo KKN Undip yang bertemakan “Pesona kesejukan Selatan Batang” tersebut dimulai pukul 09.00 WIB.

Acara Expo KKN Undip Kabupaten Batang dihadiri oleh Wakil Rektor IV, dosen, dan sejumlah jajaran masyarakat. Uniknya, dalam acara tersebut menampilkan sebuah tarian tradisional dari daerah Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang yang berjudul “Tari Petik Teh Pagilaran”. Tarian tersebut mengawali acara Expo KKN pada siang itu.

Berbagai produk unggulan dari mulai produk olahan makanan, produk kesehatan, hingga produk pertanian dan peternakan ditampilkan di Reban Raya. Sebanyak 30 desa lokasi KKN di Kabupaten Batang turut berpartisipasi dalam menampilkan produk unggulannya di masing-masing stand dengan diberikan sentuhan dekorasi yang unik dan kreatif. Bahkan pemasaran produk dan promosi obyek wisata juga dilakukan oleh sejumlah mahasiswa Undip siang itu. Mulai pukul 10.00 WIB Pengunjung expo mulai bisa mengelilingi stand expo sambil menikmati kesejukan dan pesona Kecamatan Reban lewat gardu pandang yang ada di Reban Raya hanya dengan merogoh kantong sebesar Rp 3000,-. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati aneka jajanan yang ditawarkan di setiap stand desa.




Mayoritas produk olahan yang ditawarkan berbahan dasar teh, mengingat Universitas Diponegoro memilih area KKN di daerah selatan Kabupaten Batang. Produk tersebut antara lain ada keripik dari daun teh, cake dari teh, brownies teh, hingga sabun cuci tangan pun dibuat menggunakan tanaman teh.

Tidak hanya ditampilkan, produk unggulan juga dilombakan dalam acara expo tersebut sehingga menambah antusias mahasiswa dalam mempromosikan potensi unggulan masing-masing desa. Wakil Rektor, dosen, dan sejumlah jajaran masyarakat melakukan penilaian dengan mengelilingi stand dan memberikan award berbentuk bintang yang bertuliskan “Expo KKN Award” pada stand yang menarik. Untuk pemenang Expo KKN Undip di Kabupaten Batang tahun 2019, Juara 1 dari Desa Ngroto, Kecamatan Reban, Juara 2 dari Desa Adinuso, Kecamatan Reban, dan Juara 3 dari Desa Jambangan, Kecamatan Bawang.

Acara diakhiri dengan foto bersama panitia, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan sejumlah mahasiswa KKN Kabupaten Batang yang terlibat dalam kegiatan tersebut.