Expo KKN Undip 2019, Pesona Kesejukan Selatan Batang


BATANG – Mahasiswa KKN Tim II Undip tahun 2019 Kabupaten Batang telah menyelanggarakan Expo KKN yang bertahuk Pesona Kesejukan Selatan Batang dengan sukses (8/8/2019). Expo yang berlangsung sejak pukul 08.00 pagi ini memamerkan stand-stand berisi produk unggulan dari setiap desa yang ada di tiga kecamatan yang menjadi lokasi KKN, yaitu Blado, Reban, dan Bawang. Di kegiatan ini turut hadir Kepala Kecamatan Reban, para Dosen Pembimbing KKN, Rektor IV, serta para perwakilan dari Bupati dan Pemda Kabupaten Batang.

Tim KKN Desa Wonorojo menampilkan dua produk unggulan dari kegiatan monodisiplin berupa masker organik kunyit dan pudding waluh (labu) serta memajang program multidisiplin berupa revitalisasi IPAL dengan penanaman TOGA dan pembuatan biopori sebagai komposter alami. Dua produk yang dipamerkan mendapat sambutan positif dari pengunjung Expo, khususnya Pudding Waluh yang menjadi favorit para tamu undangan karena rasanya yang unik.







Kecamatan Blado, Reban, dan Blado merupakan beberapa kecamatan yang beriklim sejuk dan jauh dari hirup pikuk perkotaan. Hasil perkebunan teh dan kopi yang menjadi hasil bumi khas dataran tinggi mendominasi produk-produk unggulan dari setiap desa. Banyak olahan yang dipamerkan cukup unik, diantaranya keripik daun teh, produk-produk antiseptik, dan lainnya. Selain itu, banyak lokasi di tiga kecamatan tersebut yang dapat diangkat sebagai potensi wisata unggulan.


Expo KKN Tim II Undip kali ini berhasil menghibur masyarakat, tamu undangan, serta para mahasiswa KKN yang telah menjalankan program-programnya selama lima minggu terakhir. Expo juga menjadi ajang pamer potensi wilayah secara konkret bagi aparat Pemda yang hadir, agar dapat menggarap wilayah selatan dari Kabupaten Batang supaya lebih baik lagi ke depannya. (Indah Pratiwi)