Ecobrick Asik dengan Sampah Plastik


GROBOGAN – Tim II KKN Undip Desa Jangkungharjo Kecamatan Brati melakukan pelatihan khusus terhadap kader-kader kampung KB yang ada di Desa Jangkungharjo (26/07/2019).

Pelatihan ini tentang pengolahan sampah plastik yang menjadi permasalahan hampir diseluruh tempat. Pengolahan ini disebut dengan teknik ecobrick dengan memanfaatkan sampah plastik yang dimasukan ke dalam botol plastik  lalu di padatkan.

Kegiatan diawali dengan penjelasan bahayanya sampah plastik dan juga kebiasan buruk masyarakat dalam pengolahan sampah plastik dengan tujuan nantinya mereka sadar bahwasanya cara yang mereka lakukan itu tidak benar. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan melakukan demonstrasi pembuatan ecobrik dan juga cara menghias produk ecobrick tersebut agar menjadi menarik dan juga memiliki nilai ekonomi.




Ecobrik  sendiri menjadi salah satu solusi yang sudah banyak diterapkan di berbagai tempat sebagai solusi sampah. Kader- kader sangat antusias dalam memperhatikan dan juga dalam ikut serta melakukan demonstrasi pada saat pembuatan ecobrick.

Tim II KKN Undip Desa Jangkungharjo Kecamatan Brati berharap dengan adanya kegiatan ini, masyrakat sekitar dapat memahami bahayanya sampah plastik. Masyarakat dapat lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya dan juga masyarakat mau melakukan kegiatan mengurangi penggunaan plastik dalam kegiatan sehari- harinya.

Dengan dijelaskan pemanfaatan sampah plastik masyarakat tidak lagi melakukan kegiatan membakar, menimbun sampah plastik karena dapat menyebabkan efek buruk terhadap lingkungan dan juga masyarakat sekitar.