Catatan Tim KKN Undip, Secercah Harapan di Kali Bening


JEPARA – Kali Bening terdiri dari dua kata yaitu kali yang artinya sungai dan bening yang memiliki makna jernih. Kali Bening secara harfiah bisa diartikan sebagai sungai dengan air yang sangat jernih. Sungai yang berada di Dukuh Ngerbu Desa Tanjung tersebut memang memiliki air sangat jernih. Bahkan, dasar sungai pun dapat dilihat dengan mudah menggunakan mata telanjang.

Kali Bening adalah salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Desa Tanjung. Kali Bening menyimpan potensi yang sangat luar biasa. Selain airnya yang jernih, pemandangan di sekitar Kali Bening sangat eksotis. Di kanan-kiri sungai terdapat sawah milik warga dengan terasiring yang tak mungkin dapat ditemui di daerah perkotaan. Di sisi selatan Kali Bening terdapat curug yang di belakangnya ada gua sekaligus di lokasi tersebut terdapat wahana untuk berenang.

Gunung Muria yang gagah menjadi latar belakang yang menambah indahnya pesona Kali Bening. Kali Bening memanjang sekira kurang-lebih 2 km, sepanjang sungai tersebut mengalir air yang jernih yang merupakan mata air dari Gunung Muria. Wisata Kali Bening saat ini dimanfaatkan untuk berenang, memancing ikan, atau sekadar bersantai-santai baik di pinggiran sungai atau di atas bebatuan yang ada.



Nur Sahid, pengelola Wisata Kali Bening, memaparkan bahwa Kali Bening mulai dikelola secara serius semenjak tahun 2017. Warga di sekitar sungai mempunyai inisiatif untuk mengembangkan Kali Bening menjadi wisata. Saat ini,Kali Bening cukup berkontribusi atas pemasukan finansial bagi Desa Tanjung pada umumnya dan masyarakat di sekitar Kali Bening pada khususnya.

Kehadiran Tim KKN Undip Desa Tanjung diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap pengembangan Kali Bening melalui kolaborasi dengan masyarakat dan pengelola Kali Bening untuk mewujudkan Wisata Kali Bening yang selaras dengan pembangunan yang berkelanjutan.

Dibuat oleh : Iqbal Dewanto Abizars (Minggu, 25 Juli 2019)
Dokumentasi oleh : Alifa Azwadina

#KKNUNDIP 2019 #kkn_tanjungjepara #DesaWisataTanjung #KaliBening
Instagram : @kkn_tanjungjepara
Twitter: @desa_tanjungjpr