Catatan Mahasiswa KKN Undip, Berkunjung Sembari Mengolah Cireng


TEGAL – Cireng adalah salah satu makanan favorit dari beberapa orang di seluruh Indonesia. Cireng banyak digemari karena rasanya yang enak dan gurih kemudian juga cara membuat cireng yang dapat dikatakan sangat mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cireng adalah tepung kanji, tepung terigu, daun bawang, seledri, bawang putih, penyedap rasa, merica, dan garam.

Dari bahan-bahan tersebut, nantinya bahan tersebut diaduk dan diratakan menjadi satu kesatuan dan dibentuk sesuai selera. Biasanya cireng dibentuk membentuk lingkaran namun tidak terlalu besar. Cireng sangat nikmat dan enak saat dikonsumsi dengan menggunakan saus sambal, dan juga sangat pas dijadikan cemilan pada saat sedang santai atau saat sedang menonton televisi.

Alhamdulillah, mahasiswa KKN Undip Tim II Desa Mulyoharjo mendapatkan kesempatan yang sangat bagus dan sangat jarang didapatkan yaitu berkunjung ke UMKM pembuatan cireng, puyem, dan naget. Cireng merupakan salah satu produk unggulan yang diproduksi di Desa Mulyoharjo. Pada tanggal 12 Juli 2019 mahasiswa KKN Undip Desa Mulyoharjo mengunjungi UMKM pembuatan cireng dan naget. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan proses produksi hingga pemasaran hasil produk UMKM tersebut.


Beberapa dari kami juga mendapatkan kesempatan untuk melihat dan membantu proses pembuatan naget dan cireng, mulai dari mempersiapkan bahan sampai mencampur bahan menjadi satu kesatuan dari bahan-bahan yang telah disebutkan diatas. Setelah bahan sudah tercampur, kami membantu membuat cireng yaitu membantu membentuk cireng menjadi bentuk lingkaran dan mempacking cireng-cireng tersebut ke dalam plastik. Satu plastik cireng berisi 12 cireng siap masak.

Kami mahasiswa KKN Undip Tim II Desa Mulyoharjo juga berkesempatan menyaksikan pembuatan Puyem baik dari saat mengolah bahan-bahan hingga saat proses penggorengan sampai pengepakan.