Cara Sederhana Mahasiswa KKN Undip Kurangi Kerugian Peternak Sapi


JEPARA - Desa Karanggondang merupakan desa dengan sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sampingan beternak. Penduduk biasanya berternak sapi, kambing, domba, maupun ayam. Ada beberapa hal yang tidak diketahui oleh peternak sehingga menyebabkan peternak mengalami kerugian. Diantaranya yaitu waktu birahi, siklus birahi serta tanda-tanda birahi yang jika tidak diketahui dapat merugikan peternak dari segi pakan.

Mahasiswa KKN UNDIP bekejasama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Jepara melakukan rangkaian kegiatan Gertak Birahi. Gertak Birahi (penyerentakan birahi) adalah kegiatan penyuntikkan hormon prostaglandin pada sapi betina agar mendapatkan sekelompok ternak yang mengalami birahi dalam waktu yang bersamaan sehingga memudahkan dalam proses perkawinan secara bersamaan.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi terlebih dahulu oleh mahasiswa KKN UNDIP, lalu dilanjutkan pelaksanaan gertak birahi. Sosialisasi dilakukan pada tanggal 19 Juli 2019. Masyarakat menyambut dengan antusias dan aktif bertanya. Selanjutnya pada tanggal 25 Juli 2019 dilakukan gertak birahi, cek kebuntingan, serta pemeriksaan kesehatan pada ternak sapi secara serentak oleh Dinas Peternakan Kabupaten Jepara secara gratis. Mulai pukul 09.00 WIB telah ramai masyarakat berbondong-bondong membawa ternaknya untuk melakukan kegiatan tersebut.




Kegiatan gertak birahi ini dapat memacu birahi pada ternak sehingga ternak dapat birahi secara serentak dan memudahkan petugas untuk mengawinkan suntik secara bersamaan dan diharapkan ternak dapat bunting secara serentak sehingga diharapkan dapat menguntungkan peternak.