Tim KKN Undip Kenalkan Sistem Hidroponik DFT untuk Tanaman


ADINUSO - Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro (Undip) Desa Adinuso melaksanakan program multidisiplin pembuatan dan pengenalan hidroponik kepada warga desa pukul 10.00 WIB, pada Senin, 05 Agustus 2019.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air dan luas lahan pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

Jenis Sistem Hidroponik yang digunakan adalah Deep Flow Technique (DFT). Sistem DFT adalah cara menanam tanaman dengan mensirkulasikan larutan nutrisi tanaman secara terus-menerus selama 24 jam pada rangkaian aliran tertutup. Bahan pembuatan rangka hidroponik berupa pipa PVC, sambungan pipa, pompa air, rogul, net pot, bibit tanaman dan nutrisi AB Mix. Larutan nutrisi tanaman di dalam tangki dipompa oleh pompa air menuju bak penanaman melalui jaringan irigasi pipa, kemudian larutan nutrisi tanaman di dalam bak penanaman dialirkan kembali menuju tangki.


Pelaksanaan kegiatan dilakukan di rumah perangkat desa bapak Ayanto selaku PLT Sekdes Adinuso. Rangka hidroponik sengaja diletakkan diatas kolam ikan sehingga menghemat pemanfaatan lahan. kegiatan ini juga dihadiri oleh beberpa warga yang tertarik dengan kegitan bercocok tanan hidroponik dengan sistem DFT.