Kreatif, Mahasiswa Undip Kreasikan Plakat Biokomposit dari Batang Pisang


SEMARANG - Limbah pohon pisang merupakan salah satu limbah alam melimpah yang dalam pemanfaatannya masih dapat terus dikembangkan. Inti  pohon pisang (Ares) yang kaya akan serat dapat menjadi bahan baku yang memiliki kekuatan serta katahanan yang tinggi melalui proses kompositasi. Tanpa ada nya proses pemanfaatan yang baik, inti pohon pisang yang begitu kaya manfaat hanya akan terbengkalai begitu saja.

Melalui PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa). Lima mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), yaitu: Trianto (Fisika 2016), Khoirul Anam (Fisika 2016), Muhammad Gibran Arrasyid (Fisika 2017), Nindiyo Kirono (Fisika 2017) dan Silviyani (Administrasi Bisnis 2018) dengan bimbingan dari Prof. Dr. Herri Sutanto, S.Si, M.Si memiliki inovasi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan pembuatan POBIA (Poster Of Biocomposite Artful): Plakat Biokomposit Berbahan Batang Pisang (Musa accuminata))  pembuatan Plakat dengan menggunakan bahan baku inti pohon pisang, dengan perpaduan antara inti pohon pisang dan resin sebagai perekat dan mempercantik nya akan membentuk suatu karya yang memiliki nilai estetika yang sangat tinggi.


Disamping itu, dengan bahan baku yang berupa inti pohon pisang ini akan menambah juga kealamian corak serta keunikan pada produk sehingga membuat produk ini menarik untuk dibeli. Plakat menjadi suatu benda yang tidak bisa jauh dari mahasiswa dan masyarakat penyelenggara kegiatan lainnya. Sehingga dengan adanya produk ini dapat memanfaatkan limbah pohon pisang yang awal nya terbuang sia sia menjadi suatu barang yang memiliki nilai jual beli tinggi

Instagram       : pobia.art
Line                : @098brgkj
Telepon/WA   : 085643029384