Tim KKN Undip Luncurkan Rengitz, Produk Khas Desa Sumbermulyo


REMBANG – Hampir seluruh masyarakat Desa Sumbermulyo bekerja sebagai petani dan peternak sehingga ketika musim kemarau tiba, hal ini sangat berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat. Mengingat, irigasi yang ada belum mampu untuk mengairi seluruh wilayah persawahan.

Berangkat dari kondisi tersebut, Tim I KKN Undip Tahun 2019 berupaya untuk mencari solusi sebagai alternatif pendapatan masyarakat ketika hasil pertanian tidak dapat maksimal melalui pembinaan UMKM.

Dari hasil survey yang telah dilaksanakan, ternyata mayoritas masyarakat Sumbermulyo sangat terbiasa untuk membuat rengginang. Melihat potensi tersebut, maka dirancanglah suatu program pembinaan UMKM Rengginang dengan berbagai macam varian rasa yang kemudian produk tersebut diberi merk “RENGITZ” (Rengginang Sumbermulyo Hitz).

Pembinaan UMKM Rengginang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2019 bertempat di Balai Desa Sumbermulyo. Secara garis besar, pembinaan tersebut dibagi dalam 4 tahap, yakni Produksi, Pengemasan, Perizinan Pemasaran. Pada tahap Produksi, pemaparan materi dilakukan oleh Yako Cristia Brana (PWK) dengan dibantu oleh Yuni Purnama (Keperawatan) dan Nola Anggita (Ilmu Gizi).



Pada tahap pengemasan, pemaparan materi dilakukan oleh Rifki Rinaldi (Teknik Mesin) dengan dibantu oleh Layalia Azka (Keperawatan). Pada tahap Perizinan, pemaparan materi dilakukan oleh Robertha Nimas (Hukum) dan pemaparan materi pada tahap pengemasan dilakukan oleh Masadi Naim (Siskom). Program ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh peserta.


Masyarakat desa Sumbermulyo menyambut pembinaan UMKM rengginang ini dengan sangat antusias. Mereka berharap agar program ini dapat diaplikasikan langsung dalam kehidupan masyarakat Desa Sumbermulyo. Di sisi lain, pelaksana kegiatan juga berharap agar program ini dapat menjadi alternatif usaha agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.