Tim KKN Undip Gelar Pelatihan Pembuatan Ovitrap dan Vertikultur


BATANG - Pada minggu ini dilakukannya konsultasi dengan perangkat desa guna memperlancar program mono yang akan dilaksanakan pada minggu ini, Tim KKN juga menyediakan bahan yang akan di sosialisasikan agar berjalan dengan lancar. Mono dari Tim KKN pada kali ini mengangkat tema terkait Ovitrap dan Verticultur.

Konsep Ovitrap dan Verticultur ini di pimpin oleh mahasiswi Tim KKN berasal dari Fakultas FSM Jurusan Biologi yang mempresentasikan konsep Ovitrap ini dengan menggunakan Air dan Gula jawa yang merupakan bahan utamanya. Ovitrap ini berguna sebagai perangkat nyamuk. Hal ini dilakukan karena banyaknya nyamuk dan menggunakan bahan yang lebih mudah digunakan agar mempermudah masyarakat melalui hal ini.

Konsep Verticulture juga dilaksanakan dengan konsep penanaman bibit menggunakan botol bekas yang sudah di susun agar perawatannya lebih mudah oleh masyarakat. Bibit dan pupuk ini bisa di dapatkan di toko bunga terdekat sehingga masyarakat bisa memulai menanam bibit ini. Verticultur tidak membutuhkan lahan yang banyak, maka dari itu di halaman rumah maupun belakang rumah bisa di lakukan penanaman Ovitrap ini.

Pada hari Rabu, Tim KKN mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Perangkat Desa yang mengundang masyarakat seluruh Desa Kedungmalang. Di desa Kedungmalang ini terdapat Ambulance yang di khususkan orang sakit saja. Ambulance ini didapatkan melalui anggaran desa.

Dilakukannya rapat seluruh masyarakat Kedungmalang ini guna menjelaskan sistematis yang tertera dalam Peraturan Desa terkait tarif menggunakan Ambulance ini dikarenakan dengan uang yang sifatnya sensitive. Meskipun Desa sudah menyediakan, tetapi masyarakat juga dilibatkan dalam operasional terkait penggunaan serta perawatan armada tersebut.


Kesepakatan didapatkan agar masyarakat satu sama lain tidak dirugikan dengan sudah adanya armada kesehatan tersebut. Perangkat Desa juga menyebutkan pembahasan perihal Sengketa Tanah Hak Milik yang di wajibkan para masyarakat kepala keluarga yang tanahnya belum Hak Milik segera menyusul.


Dengan dibantunya Badan Pertanahan, Perangkat Desa mengharapkan Masyarakat di Kedungmalang ini memiliki status tanah yang jelas yang nantinya sangat berfungsi pada masa Panjang maupun pendek.