Tim KKN Undip Demonstrasikan Pembuatan Susu Jagung dan Pendeteksi Boraks


TANJUNGHARJO - Sebagian besar masyarakat Desa Tanjungharjo memiliki profesi sebagai petani sebanding dengan luas lahan baku sawah di desa ini. Hasil utama dari pertanian di desa ini adalah padi, jagung, dan tebu.

Dari semua hasil ini, petani langsung menjualnya dalam keadaan mentah. Sehingga, masyarakat kurang dapat mendapat penghasilan lebih karena hanya menjual hasil pertanian dalam keadaan mentah, tidak terkecuali jagung.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Undip dari Jurusan Teknologi Pangan Fakultas Peternakan dan Pertanian, mengadakan pelatihan pembuatan susu jagung sebagai hasil pertanian yang cukup besar di desa ini.

Pelatihan pembuatan susu jagung ini diberikan kepada Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai ujung tombak Desa Tanjungharjo. Pelatihan ini laksanakan pada hari Senin, 21 Januari 2019 di Pendopo Balai Desa Tanjungharjo sebagai pertemuan pertama di tahun 2019 ini.

Pelatihan ini diikuti oleh sebagian kader PKK diakibatkan oleh cuaca yang kurang baik sehingga tidak memungkinkan seluruh kader PKK dari kesebelas dusun hadir.




Meskipun demikian, pelatihan pembuatan susu jagung ini disambut antusias oleh  seluruh kader yang hadir. Di samping bahan yang merupakan hasil pertanian dari desa sendiri, cara pembuatannya juga cukup mudah.

Bermodalkan jagung manis, dapat dibuat susu dengan tambahan sedikit air, gula, garam, natrium benzoat, CMC dan flavour sesuai selera.


Dengan bahan yang sederhana ini, masyarakat Desa Tanjungharjo dapat membuat susu jagung untuk kebutuhan sendiri maupun untuk komersial sehingga dapat digunakan untuk menambah pendapatan masyarakat.