Mahasiswa KKN Undip Inisiasi Pembentukan Bank Sampah


TUNGGAK - Pelaksanaan program multidisiplin yang dilakukan oleh KKN Tim 1 Undip Desa Tunggak berjalan begitu lancar, Jumat (15/02/2019).

Mulai dari pemaparan materi, pembentukan struktur organisasi, penentuan nama dari bank sampah itu sendiri, penentuan lokasi bank sampah, penentuan jenis sampah, penentuan cara pengumpulannya hingga penjelasan dari buku tabungan dan administrasi lainnya.

Nama dari bank sampah desa Tunggak itu sendiri adalah “Kramat Berkah”, nama ini didapatkan dari usulan-usulan beberapa perwakilan masyarakat yang kemudian disetujui oleh lainnya. Nama tersebut diyakini agar sampah yang dikumpulkan dapat menjadi berkah tersendiri.

Tujuan dari kegiatan ini sebagai salah satu bentuk dari apresiasi dan meningkatkan kepedulian warga desa Tunggak dengan sampah. Proses dari pelaksanaan bank sampah diawali dengan masyarakat mengumpulkan sampah yang sudah dipilah, kemudian dibawa ke bank sampah untuk dilakukan penimbangan. Hasil dari sampah yang sudah ditimbang akan ditulis dalam buku tabungan nasabah.


Masyarakat begitu antusias dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, masyarakat juga berharap kegiatan bank sampah dapat berjalan dengan lancar. Masyarakat mulai memahami apa itu bank sampah dan bagaimana cara beroperasinya. Kami berusaha untuk menjelaskan dan menerangkan kepada masyarakat agar nantinya bank sampah tersebut berjalan sesuai dengan harapannya.


Setelah pelaksanaan kegiatan bank sampah selesai, acara dilanjutkan dengan berfoto bersama. Mereka begitu senang setelah mendapatkan ilmu tentang bank sampah.