Dukung Eksistensi Seni, Tim KKN Undip Gelar Pelatihan Publikasi


SEMARANG - Media dan publikasi merupakan hal yang penting demi eksistensi dari sebuah kesenian. Media dalam publikasi seni berfungsi sebagai alat komunukasi secara tidak langsung antara karya seni dengan penikmat.

Publikasi karya seni dalam media cakupannya akan lebih luas dan lebih banyak orang dapat menikmatinya. Publikasi seni dengan media dapat memasarkan semua cabang seni baik seni pertunjukan, seni rupa, sastra dan seni yang lainnya.

Salah satu organisasi pemuda yang ada di Jurang Blimbing yaitu IKADA (Ikatan Kawula Muda) yang beranggotakan seluruh pemuda pemudi dari kampung tematik seni dan budaya jurang blimbing. Organisasi tersebut menjadi wadah dalam pengembangan ikon kesenian karena pemuda disini dianggap sebagai generasi penerus agar eksistensi dari Kampung Seni dan Budaya Jurang Blimbing tetap terjaga.

Oleh karena itu, disinilah peran IKADA dalam pengembangan ikon kesenian dan kebudayaan di era milenial melalui media promosi dan publikasi kepada masyarakat umum untuk menunjukkan keberadaan salah satu kampung seni dan budaya yang terdapat di Kota Semarang.

Sekaligus sebagai pemberdayaan masyarakat, mahasiswa KKN TIM I Tematik Undip Jurang Blimbing melakukan pelatihan untuk publikasi dan promosi melalui media online yaitu website dan instagram (10/02/2019).


Pelatihan yang dilakukan berupa pelatihan fotografi, videografi dan konten website. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan maupun kreativitas desain untuk menunjang pelestarian seni dan budaya.