Dukung Pendidikan Usia Dini, Tim KKN Undip Gelar Lomba TK dan KB


GROBOGAN - Desa Ngaringan, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, termasuk salah satu desa yang memiliki pendidikan usia dini yang baik. Hal tersebut juga didukung dengan banyaknya tenaga pendidikan yang memadai.

Untuk menambah semangat anak-anak dalam belajar, KKN Tim 1 Undip Tahun 2019 Desa Ngaringan mengadakan lomba mewarnai dan meronce yang diikuti oleh TK dan KB se-Desa Ngaringan. Lomba mewarnai diikuti oleh KB dan lomba meronce diikuti oleh TK (04/02/2019).

Peserta lomba mewarnai berjumlah 51 anak dan peserta lomba meronce berjumlah 12 anak yang masing-masing berasal dari TK Al Islam, TK Ngaringan 1, TK Ngaringan 2, KB Sido Mukti, KB Rahayu 1, dan KB Tunas Bangsa Utama.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin (04/02) pukul 08.00 WIB yang berlokasi di GOR Balai Desa Ngaringan Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan.

Sejak pukul 07.30, peserta dan guru pendamping sudah mulai berdatangan dan langsung diarahkan oleh panitia untuk menempatkan diri sesuai tempat yang disediakan. Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 tepat yang dibuka dengan sambutan dari Al Hadid Pandu Setyawan sebagai Koordinator Desa KKN Tim 1 Undip Tahun 2019 Desa Ngaringan, dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Umi sebagai perwakilan guru TK dan KB.

Acara selanjutnya adalah bermain dan bernyanyi bersama-sama yang diikuti oleh semua peserta lomba. Setelah serangkaian acara pembukaan, lomba langsung dimulai bersamaan pukul 08.40 yang terbagi menjadi dua bagian, lomba mewarnai berlangsung selama 1 jam dan lomba meronce berlangsung selama 1 jam yang terbagi lagi menjadi 4 babak yaitu 12 besar, 8 besar, 4 besar, dan babak final. Acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan pengumuman pemenang lomba.





Juara 1 lomba mewarnai dimenangkan oleh KB Tunas Bangsa Utama, juara 2 dimenangkan oleh KB Rahayu 1, dan juara 3 dimenangkan oleh KB Tunas Bangsa Utama. Sedangkan untuk lomba meronce, juara 1 dimenangkan oleh TK Al Islam, juara 2 dimenangkan oleh TK Al Islam, juara 3 dimenangkan oleh TK Ngaringan 2.

Kegiatan terebut disambut dengan antusias oleh para peserta, guru pendamping, serta masyarakat Desa Ngaringan, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan. Acara ini diakhiri dengan bernyanyi bersama.


Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan bakat dan kreatifitas yang masih terpendam di dalam diri anak sejak dini. Selain itu lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam menuangkan kreativitasnya.