Cegah DB, Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan 3M Plus


JEPARA - Tim 1 KKN Universitas Diponegoro (Undip) Jurusan Ilmu Keperawatan melaksanakan kegiatan pemberian sosialisasi mengenai upaya preventif demam berdarah (DB). Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan rutin Bina Keluarga Balita (BKB) yang bertempat di RW 3 Dukuh Bugel, (10/02/2019).

BKB merupakan kegiatan pemeriksaan kesehatan pada balita dan pemberian materi seputar kesehatan balita yang diberikan oleh kader kesehatan. Kegiatan BKB kali ini dihadiri sebanyak 30 peserta yang terdiri dari ibu-ibu balita dan kader kesehatan.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diawali dengan pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar kepala pada balita. Setelah itu, orang tua balita dapat melakukan konsultasi kesehatan mengenai tumbuh kembang dan kesehatan balita kepada kader kesehatan. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai upaya preventif demam berdarah oleh mahasiswa KKN.

Pemberian materi dimulai dengan pembagian poster mengenai DB, pemutaran video animasi interaktif seputar DB dan dilanjutkan dengan penjelasan secara verbal mengenai isi poster. Setelah itu, dibuka sesi tanya jawab.

Salah seorang peserta bertanya “Fogging itu fungsinya untuk apa? Kan sudah ada abate mbak?” Kemudian dijelaskan jika fogging itu berfungsi untuk membunuh nyamuk dewasa, sedangkan abate berfungsi untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian doorprise dan foto bersama.


Diharapkan dengan adanya program ini, dapat meningkatkan kesadaran orang tua mengenai DB dan meningkatkan kewaspadaan orang tua terhadap tanda dan gejala DB. Selain itu, diharapkan masyarakat desa bersama-sama melakukan upaya preventif terhadap DB dengan 3M Plus. (Lailatuz Zulia I.)