Aquaponik Solusi Apik Manfaatkan Kolam Karya Mahasiswa KKN Undip


TENGARAN - Tim 1 KKN Undip Desa Tengaran, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Tengaran melakukan program pemanfaatan lahan perikanan di rumah warga sebagai media penanaman sayuran dengan metode aquaponik (8/2/2019). Latar belakang pelaksanaan program ini adalah karena kurang optimalnya pemanfaatan lahan perikanan di rumah warga desa.

Program ini dilaksanakan di kolam ikan salah satu warga Dusun Krajan yaitu kolam ikan milik Bapak Didik tepatnya warga RT 08, RW 03 Dusun Krajan, Desa Tengaran. Pengoptimalan pemanfaatan kolam melalui penanaman tamanan aquaponik dipilih karena sistem pembuatannya yang relatif sederhana tidak memerlukan banyak ruang, serta sayuran yang ditanam dapat digunakan sebagai sayuran konsumsi keluarga. Selain itu, sayuran yang dihasilkan melalui metode ini relatif lebih sehat karena minimnya penggunaan bahan kimia seperti pestisida.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat alat ini cukup sederhana dan murah. Pertama mempersiapkan terlebih dahulu media tanamnya yaitu rockwool bisa juga menggunakan sterofom. Kedua potong dadu dengan ukuran 2,5x2,5 cm, kemudian media tanam diberi lobang dan masukkan bibit pada lubang tersebut.

Selanjutnya beri diberi air hingga basah dan ditutup dibiarkan selama 3-5 hari agar tidak terkena sinar matahari. Benih – benih tersebut akan mulai tumbuh daun. Selanjutnya mempersiapkan peralatan-peralatan rak aquaponik menggunakan pipa pralon yang telah diukur sesuai dengan kebutuhan.







Pak Didik sebagai mitra, beliau mengapresiasi pelaksanaan program ini dan menyampaikan bahwa program tersebut sangat bermanfaat karena selain dapat memberikan pengetahuan mengenai metode tanam aquaponik, program tersebut juga memberikan penyadaran bahwa kolam keluarga dapat dimanfaatkan menjadi hal yang lebih bermanfaat.


Melalui program ini tim 1 KKN Undip berharap dapat menumbuhkan kesadaran warga Dusun Krajan terlebih masyarakat Desa Tengaran untuk dapat memanfaatkan kolam ikan keluarga dengan cara yang serupa atau dengan metode baru yang lebih kreatif. Sehingga, kolam ikan tidak sekedar menjadi hiasan rumah, namun juga memiliki manfaat yang lebih banyak bagi pemilik kolam.