Tim KKN Undip Gelar Pelatihan Ibu Hamil Bagi Warga Rembang


REMBANG - Kematian bayi baru lahir dan bayi lahir dengan berat badan kurang (BBLR) serta tinggi badan kurang (stunting) merupakan salah satu masalah serius di Desa Babaktulung.

Sabtu, (19/01/2019) diadakan pelatihan dan edukasi oleh mahasiswa KKN Undip untuk ibu hamil mengenai pentingnya pemenuhan gizi pada ibu hamil serta pentingnya ASI (Air Susu Ibu) eksklusif dan bahaya pemberian MP-ASI (Makanan Pendamping – Air Susu Ibu) dini bagi bayi umur 0-6 bulan.

Pemenuhan gizi pada ibu hamil sangat penting bagi pertumbuhan janin di dalam kandungan agar saat  kelahiran nantinya bayi tetap sehat. Setelah melahirkan, ASI eksklusif untuk bayi umur 0-6 bulan juga tidak kalah pentingnya. Seringkali terlihat di lingkungan Desa Babaktulung, bayi umur 3 bulan sudah mendapatkan MP-ASI dari ibunya padahal sebenarnya itu sangat tidak perlu. ASI lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi.


Pelatihan yang dilaksanakan di Polindes Babaktulung ini dihadiri oleh kurang lebih 20 ibu hamil yang ada di Dukuh Babak. Acara berlangsung dengan lancar disertai permainan yang membuat suasana menjadi lebih santai. Para ibu hamil sangat antusias dengan materi yang diberikan.


Harapannya dengan pelatihan ini para ibu hamil akan lebih mengerti mengenai pemenuhan nutrisi saat hamil maupun setelah melahirkan untuk bayi sehingga dapat menekan angka kematian bayi baru lahir dan BBLR serta stunting.