Tim KKN Undip Dusun Gandok Sosialisasikan Pembuatan Pupuk Organik Cair


GROBOGAN – Mahasiswa Tim I KKN Undip Desa Genengadal, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan melaksanakan program kerja  di Dusun Gandok (29/1/2019). Teknologi yang diperkenalkan kepada masyarakat yang bernama “Pembuatan Pupuk Organik Cair yang Terbuat Dari Air Leri” atau kita sebut  cucian dari air beras.

Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan ibu-ibu yang melakukan kegiatan posyandu. Pembuatan dari pupuk cair tersebut cukup praktis karena bahan pembuatannya tidak sulit untuk memperolehnya. Magfiro dari Fakultas Peternakan dan Pertanian menjelaskan kepada peserta cara membuat pupuk cair dengan peralatan sederhana. 

Bahan pembantunya yaitu gula jawa yang dihaluskan, air kelapa sebagai bahan organik pembantu, ember sebagai wadah pupuk yang akan difermentasi, dan EM4 untuk mengaktifkan mikroorganisme bakteri fermentasi. Pembuatan pupuk organik cair dengan air leri dilakukan dengan mencampur air leri sebanyak 1 liter, air kelapa sebanyak 1 liter kemudian ditambah  gula merah sebanyak 1 kg yang sudah dihaluskan kemudian difermentasikan dengan menggunakan EM4 sebanyak 10 ml kemudian diaduk sampai homogen.


Pupuk organik cair akan jadi dalam  waktu 7 hari. Pembuatan pupuk ini cukup menarik karena bahan-bahannya yang digunakan dapat diperoleh dari warung dan pengeluaran biaya tidak terlalu mahal untuk membuatnya.