Peduli Pendidikan, Tim KKN Undip Revitalisasi Taman Baca Tawangsari


TEMANGGUNG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan kegiatan belajar bersama di Taman Pojok Baca Sang Petualang yang berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Sabtu (26/01/2019) pukul 13.00 WIB. Taman pojok baca ini resmi dibuka pada tahun 2016.

Di awal pembukaan taman pojok baca ini, banyak dikunjungi oleh anak-anak untuk membaca ataupun meminjam buku yang ada. Buku yang ada di taman pojok baca berasal dari sumbangan berbagai pihak. Buku yang diberikan berupa buku pendidikan, buku fiksi, majalah dan lain sebagainya.

Namun, sejak akhir tahun 2017 taman pojok baca ini mulai sepi pengunjung. Kondisi taman pojok baca yang tidak terawat dan kondisi buku yang tidak tertata dengan rapi mungkin menjadi salah satu penyebab sepinya pengunjung. Untuk meramaikan dan mengembalikan fungsi dari taman pojok baca ini sebagai sarana edukasi bagi masyarakat maka mahasiswa KKN Tim I Undip Tahun 2018/2019 di Desa Tawangsari turun tangan untuk membenahi taman pojok baca ini.

Hari Jum’at (25/01), proses pembenahan taman baca dimulai dengan pemilihan buku yang layak untuk dibaca anak-anak. Kemudian dilakukan klasifikasi buku sesuai dengan subjek, membersihkan tempat baca dan melakukan labeling pada rak buku berdasarkan subjek buku yang sudah dikelompokkan.

Sebelumnya, kegiatan belajar bersama yang diadakan oleh mahasiswa KKN bertempat di posko setiap hari Senin, Rabu, dan Jum’at bersama anak TK dan SD. Namun, agar fungsi taman pojok baca juga berjalan maka kegiatan belajar bersama diubah menjadi Senin dan Rabu bertempat di posko dan Sabtu bertempat di Taman Pojok Baca Sang Petualang.



Meskipun lokasi taman pojok baca ini cukup jauh namun antusias anak-anak untuk belajar bersama sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan beberapa anak yang datang 1 jam lebih awal. Kegiatan belajar bersama yang dilakukan yaitu mengerjakan PR, les untuk persiapan ujian kelas 6, mendongeng bersama dan kuis kecil diakhir kegiatan yang diberikan sesuai dengan materi yang telah dipelajari pada hari itu.


Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan motivasi belajar anak semakin bertambah. Selain itu, agar fungsi dari Taman Pojok Baca Sang Petualang ini juga dapat berjalan sesuai dengan harapan ketika awal dibuka yaitu sebagai sarana masyarakat untuk belajar dan menambah wawasan.