Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Ovitrap, Solusi Praktis Atasi Jentik Nyamuk


KAB. SEMARANG - Ibu-Ibu PKK Dusun Kemetiran, Desa Nyamat, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, terlihat antusias saat mengikuti sosialisasi program dari Tim 1 KKN Undip (25/1/2019). Pelaksanaan sosialisasi mengenai demam berdarah dan cara menghilangkan jentik nyamuk oleh Tim 1 KKN Undip, dilaksanakan di Balai Desa Nyamat pada pukul 15.30 WIB.

Materi yang disampaikan berupa penjelasan singkat tentang demam berdarah dan praktek pembuatan ovitrap untuk mengurangi jentik nyamuk. Penyampaian materi tersebut diharapkan dapat menambah wawasan bagi ibu ibu PKK mengingat kasus demam berdarah yang sedang meningkat di Desa Nyamat. 

Ovitrap ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi pertumbuhan nyamuk penyebab demam berdarah secara sederhana, menggunakan media botol plastik. Selain untuk memanfaatkan sampah plastik yang tidak terpakai, ovitrap ini juga ramah lingkungan dibandingkan dengan fogging.


Cara pembuatan ovitrap dimulai dari botol plastik yang dipotong menjadi dua bagian yaitu bagian atas yang diletakan terbalik dan bagian bawah yang akan diisi oleh larutan fermentasi ragi, sebagai pemikat nyamuk.


Larutan dibuat dengan mencampurkan satu gram ragi dan 50 gram gula dengan air sebanyak 200 ml. Kemudian bagian atas botol dan bagian bawah botol, yang berisi larutan, ditutup dengan selotip hitam, lalu diletakkan di dalam rumah yang tidak terkena cahaya.