KKN Undip, Warga Dumpil Antusias Ikuti Sosialisasi Program PTSL BPN Pati


PATI – PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) adalah proses pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di suatu wilayah. Melalui program ini, pemerintah akan memberikan jaminan kepastian hukum kepada masyarakat. Kegiatan sosialisasi program PTSL dilaksanakan pada hari Sabtu (2/2/2019) pukul 09.00 WIB bertempat di Balai Desa Dumpil. Acara ini merupakan salah satu program dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip yang terselenggara atas dukungan dan kerja sama dari perangkat desa dan BPN Kabupaten Pati.

Acara sosialisasi program PTSL ini menghadirkan Bapak Suroso selaku Ketua Panitia Tim 1 PTSL BPN Kabupaten Pati, Bapak Dedy Koesnomo selaku Ketua Kejaksaan Negeri Pati, serta dihadiri oleh PLT Camat Kecamatan Dukuhseti, Kapolsek Dukuhseti, Kepala Koramil, dan Kepala Desa Dumpil. Sosialisasi program PTSL disampaikan oleh Panitia PTSL BPN Kabupaten Pati. Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa semua warga yang belum memiliki sertifikat atas tanah dapat mendaftar melalui program PTSL. Antusiasme warga terlihat dari banyaknya warga yang datang di acara sosialisasi ini, semangat tersebut juga terasa saat memasuki sesi tanya jawab dimana banyak sekali warga yang mengacungkan tangan dan bertanya seputar kepemilikan hak tanah dan penyertifikasian tanah.


Dalam acara sosialisasi ini, juga dijelaskan mengenai persayaratan untuk mengikuti program PTSL, yakni mengumpulkan dokumen Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), SPPT-PBB, Letter C desa, bukti perolehan tanah seperti kwitansi/segel/akta jual beli, serta Surat Permohonan atau Surat Pernyataan Peserta. Setelah proses pendataan, selanjutnya akan dilakukan pengukuran dan pemeriksaan lapangan oleh petugas. Apabila telah keluar persetujuan pengajuan sertifikat tanah, maka tahap selanjutnya adalah pemohon akan menerima sertifikat tanah yang dibagikan oleh Panitia PTSL BPN dan diserahkan langsung ke pemohon. Panitia PTSL BPN Kabupaten Pati akan mengusahakan sertifikat tanah dapat diterima oleh pemohon pada bulan April dengan catatan persyaratan lengkap dan tidak terdapat sengketa.


Acara sosialisasi program PTSL di Desa Dumpil ini merupakan acara sosialisasi program PTSL pertama di Kabupaten Pati. Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada warga Desa Dumpil serta menjadi salah satu langkah awal untuk meningkatkan kualitas hidup warga Desa Dumpil menjadi lebih baik.