Sambangi Pengusaha Tahu, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Sistem Produksi Bersih


PEKALONGAN - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan pelatihan terkait hygiene dan sanitasi kepada para pemilik industri tahu di Kampung Tahu, Babalan Lor, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Jumat (25/1/2019).

Bertempat di Aula BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) Desa Babalan Lor, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengelola tahu untuk menerapkan standar hygiene dan sanitasi agar mampu melakukan upaya pengolahan makanan yang bersih sehingga dapat meningkatkan nilai dari makanan itu sendiri. 

Materi tentang hygiene dan sanitasi pada home industry ini disampaikan oleh Fitra Tresna Mahasiswi FKM Peminatan Kesehatan Lingkungan. Penerapan sanitasi dimulai sejak pemilihan bahan baku hingga penyajian makanan. Aspek higiene dan sanitasi tidak hanya fokus pada kebersihan tempat produksi melainkan juga memperhatikan terkait bahan makanan, cara pengelolaan dan pengelola atau penjamah makanan.

  
Para pengelola tahu mengaku sangat senang dengan adanya program ini, M. Sugeng (45) salah seorang pemilik mengungkapkan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk dirinya dan teman-teman sesama pengelola tahu karena Beliau merasa mendapatkan informasi-informasi terkait penerapan pengelolaan tahu yang baik dan bersih yang mampu mendorong peningkatan nilai jual produk dengan tidak melupakan aspek kesehatan dari pengelola tahu itu sendiri.

Dengan ini, para pengelola tahu berharap agar pemerintah dan dinas mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait produksi yang aman dan bersih dengan mengadakan pelatihan-pelatihan serta melakukan pengawasan secara terus menerus agar keberlanjutan dapat terus dikembangkan.