Tingkatkan Ekonomi Warga, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Produk Najasugung


GROBOGAN - Sektor pertanian merupakan roda penggerak perekonomian utama di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan. Komoditas utama yang dihasilkan sebagian besar didominasi oleh tanaman pangan berupa jagung dan padi.

Namun demikian, mata pencaharian ini belum mampu mengangkat kondisi ekonomi penduduk secara signifikan. Salah satu faktor yang melatarbelakangi hal tersebut adalah belum berkembangnya sektor pengolahan dan pemasaran hasil produksi pertanian. Berdasarkan wawancara dengan beberapa Kepala Dusun, diketahui bahwa hasil pertanian dijual tanpa diolah terlebih dahulu sehingga tidak terdapat nilai tambah dari produk yang dijual.

Oleh karena itu, Tim 1 KKN Undip 2019 Desa Sumberagung mengadakan pengenalan terkait pengolahan salah satu komoditas utama yaitu Jagung menjadi produk NAJASUGUNG (Naget Jagung desa Sumberagung). Naget Jagung adalah makanan bergizi yang terbuat dari bahan utama Jagung yang merupakan komoditas utama Desa Sumberagung serta beberapa bahan lain seperti daging ayam, telur, tepung terigu dan tepung roti.




Kegiatan ini merupakan program multidisiplin unggulan yang dilaksanakan pada hari Kamis (24/1) pukul 10.00 WIB bersamaan dengan perkumpulan Lembaga Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang berlokasi di Balai Desa Sumberagung.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua anggota PKK, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Farida Arisalah Putri (FKM) tentang Manfaat Jagung untuk Kesehatan, dilanjutkan oleh Sri Kusmawati (FPP) tentang Bahan Tambahan Pangan dan Pembuatan NAJASUGUNG sekaligus pembagian resep tentang cara membuat Naget Jagung, dan pemaparan materi tentang Pemasaran Produk dengan memanfaatkan E-Commerce oleh Aditya Cahya Nugraha (FISIP).

Kegiatan ini disambut antusias oleh para peserta yang merupakan Anggota serta Kader-Kader PKK Desa Sumberagung. Terbukti denga n jumlah peserta yang dihadiri oleh 45 Anggota serta Kader PKK. Acara ini diakhiri dengan memberikan contoh produk yang telah dikemas serta makan bersama hasil olahan Naget Jagung yang telah siap saji kepada Anggota dan Kader PKK.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah melatih warga Desa Sumberagung agar dapat membuat inovasi baru dengan memanfaatkan potensi pertanian desa agar menjadi produk unggulan yang menjadi ciri khas dari Desa Sumberagung. Dan dapat memasarkannya secara online dengan media internet, agar produk ini dapat dikenal di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, dengan diadakannya kegiatan ini juga diharapkan akan ada UMKM baru yang mengolah olahan ini. Dengan bertambahnya UMKM, tentunya akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Desa Sumberagung.