Keren! Mahasiswa KKN Undip Sulap Barang Bekas Jadi Lampu Emergency


REMBANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan pelatihan keterampilan pembuatan lampu darurat sederhana dengan memanafaatkan barang bekas elektronik. Pelatihan ini dilaksanakan di Posko KKN Undip Desa Kalipang (10/2).

Pelatihan pembuatan lampu darurat sederhana dihadiri oleh pemuda Dukuh Blitung, Desa Kalipang yang berlatar belakang pendidikan kejuruan. Rangkaian acara dimulai dari jam 21.00-22.30 WIB. Pelatihan dimulai dengan pemberian materi mengenai latar belakang pembuatan alat, prinsip kerja alat, penjelasan alat dan bahan yang digunakan, serta perakitan lampu darurat sederhana.

Alat-alat yang diperlukan yaitu resistor, PCB, trafo, transistor, bioda, kapasistor, dan kabel listrik. Semua bahan merupakan bahan bekas yang didapat dari alat elektronik bekas rumah tangga yang telah usang. Untuk merangkai bahan-bahan tersebut menjadi lampu emergency atau darurat membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit.

Para pemuda sangat antusias mengikuti pelatihan karena pelatihan ini merupakan kali pertamanya   mereka ikuti. Dengan latar belakang pendidikan terakhir  para peserta yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), pelatihan dapat berlangsung dengan lancar. Output dari pelatihan ini yaitu para pemuda sudah paham untuk membuat lampu darurat sederhana.

Harapannya, dengan adanya pelatihan pembuatan lampu darurat sederhana dapat meningkatkan kreatifitas pemuda Dukuh Blitung dan dapat memanfaatkan bahan-bahan bekas elektronik untuk membuat lampu darurat sederhana.