Cegah DB, Tim KKN Undip Desa Gemiring Lor Berantas Jentik Nyamuk


JEPARA - Pemberantasan jentik-jentik/larva nyamuk merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah (DBD). Rabu pagi, Kader kesehatan Desa Gemiring Lor dengan dibantu - mengajak Tim I KKN Undip untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan jentik-jentik nyamuk pada rumah-rumah warga Dusun Ngrenteng, Desa Gemiring Lor (30/1/2019).

Pemeriksaan jentik nyamuk dilakukan setelah adanya laporan seorang warga desa yang terserang demam berdarah. Kegiatan ini dilakukan berfokus pada 150 rumah warga di dusun  Ngrenteng yang selama satu hari, meliputi pemeriksaan jentik nyamuk pada bak kamar mandi, genangan air, dan kolam.

Pemberian obat abate dilakukan pada rumah yang terdapat jentik-jentik nyamuk dengan cara memasukkan obat abate yang telah disiapkan sesuai takaran tepatnya ke dalam bak mandi atau kolam yang terdapat jentik-jentik nyamuk.

Obat Abate merupakan salah satu insektisida yang yang efektif untuk membunuh larva nyamuk demam berdarah (Aedes aegypti). Pemberantasan jentik-jentik nyamuk merupakan agenda wajib desa yang rutin dilakukan setiap hitungan musim penghujan yang bertujuan untuk mencegah  penyakit demam berdarah, ungkap M Zainuddin (35) selaku perangkat desa.


Antusiasme warga desa dalam kegiatan ini sangat baik, terbukti dengan keterlibatan warga yang kooperatif selama kegiatan berlangsung. Pemeriksaan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga Desa Gemiring Lor, khususnya Dusun Ngrenteng untuk senantiasa menjaga dan memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan.