Atasi Sampah, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Langkah Konkrit Ini


SERANG - GEMPA MENDESAH (GErakan Masyarakat Peduli sAmpah MENuju DESA seHat) merupakan suatu langkah konkrit dalam mengatasi masalah kesehatan lingkungan di Desa Serang yang berfokus pada masalah persampahan. Masalah sampah memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. 

Baik di perkotaan maupun di pedesaan, sampah masih menjadi momok permasalahan utama. Namun sayangnya, masyarakat kurang menunjukan sikap peduli terhadap lingkungan. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku mereka dalam mengelola sampah dimana masih banyak yang dibakar, dibuang dan dibiarkan menggunung di sepanjang bantaran sungai.

Sebenarnya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku masyarakat tersebut. Pertama, Desa Serang sendiri belum mempunyai program penanganan sampah yang serius. Misalnya, belum terdapatnya tempat pembuangan  sementara, tempat sampah , dan belum adanya wadah masyarakat untuk menuangkan partisipasinya dalam penanganan sampah. Kedua, masyarakat masih menggunakan cara tradisional dalam penanganan sampah. Contohnya, pembakaran sampah yang cenderung mencemari udara.

Permasalahan penanganan sampah di desa serang sudah menjadi permasalahan dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini memberikan dampak yang serius terhadap kondisi fisik desa serang, seperti sering terjadi banjir ketika hujan tiba, menjadi desa endemik dbd, meningkatnya kejadian balita berat badan di bawah garis merah dan penyakit menular lainnya.

Berdasarkan hasil survei kami, masyarakat desa serang sudah memiliki pengetahuan dan kesadaran terkait pentingnya penanganan sampah di desa. Namun sayangnya, pengetahuan dan kesadaran tersebut belum disatukan dengan satu komando dari pemerintahan desa. Oleh karena itu, kami diamanahkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Pelaksanaan Program GEMPA MENDESAH di awali dengan edukasi mengenai masalah sampah dan dampaknya bagi kesehatan (4/2) di Balai Desa dihadiri oleh perangkat desa, bidan desa dan kader kesehatan. Kegiatan selanjutnya yaitu demonstrasi bersama dalam pembuatan ecobrick berupa tempat sampah dan kompos (10/2) di SDN 01 Serang. Selain dua kegiatan tersebut juga dilakukan advokasi guna terbentuknya kader GEMPA sebagai realisasi dalam keberlanjutan program ini nantinya.


Dengan program kami yang berjudul Gerakan Masyarakat Peduli Sampah Menuju Desa Sehat, kami harap dapat menjadi pioner penggerak masyarakat dalam menangani sampah di Desa Serang. Sehingga nantinya program ini mampu merubah wajah desa serang menjadi desa bebas kumuh dan sehat.