Hair Tonic Carles Karya Mahasiswa Undip Solusi Baru Atasi Kerontokan Rambut


SEMARANG, KampusUndip.com - Rambut merupakan bagian tubuh yang memiliki peran penting, baik bagi pria maupun wanita jika tidak dirawat maka rambut dapat rusak. Berbagai cara di lakukan untuk mencegah kerusakan rambut, seperti menggunakan produk kosmetika yang beredar di pasaran. Akan tetapi, banyak produk kosmetika yang mengandung berbagai macam bahan kimia, yang justru menambah potensi kerusakan pada rambut.

Kadar polusi yang cukup tinggi dan suhu udara yang panas mengakibatkan rambut menjadi tidak sehat, mudah patah bahkan menjadi rontok. Paparan sinar ultraviolet merusak pigmen rambut, membuat warna rambut tampak kusam kemerahan, sehingga rambut membutuhkan perlindungan lebih. Pengaplikasian hair tonic merupakan langkah yang sangat efektif untuk mengatasi kerusakan rambut dan mengurangi rambut rontok.

Tim PKM-K Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (Undip) yang beranggotakan Irmayanti, Nurul Balqis Shofiana, Zahrotun Hasanah, Farah Nadiyah dan Ayu Puspitasari dengan Dosen Pembimbing Ibu Lintang Dian Saraswati SKM,M.Epid membuat Produk Hair Tonic “CARLES” yang terdiri dari Ekstrak Cabai (Capsium annum L) dan Lidah Buaya (Aloe Barbadensis Leaf).



Salah satu kandungan yang ada pada cabai yaitu Capsaicin selain memberikan rasa pedas yang kuat juga berfungsi untuk melancarkan peredaran aliran darah, sedangkan tanaman lidah buaya biasa digunakan sebagai penyubur rambut. Hair Tonic “CARLES” ini dibuat dengan beberapa aroma yaitu Bubble Gum, Mint, dan Green Tea.