Stres Gara-Gara Kuliah? Kotak Semata Karya Mahasiswa Undip Solusinya


SEMARANG, KampusUndip.com - Tim PKM-PSH Kotak Semata dari Fakultas Psikologi UNDIP yang beranggotakan Anisa Kusumaningtyas, Ainaya Nuril Alifa,  dan Magdalena Margaretha yang dibimbing oleh Dr.phil Dian Veronika Sakti Kaloeti, S.Psi, M.Psi.

Salah satu fakultas di perguruan tinggi yang sering sekali mengalami stres akademik yaitu fakultas teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Karpaga Vinayaga Educational Institute, menunjukkan bahwa 75% mahasiswa Fakultas Teknik mengalami stres yang berkaitan dengan masalah perkuliahan. (Vidya D.C dkk, 2017).

Dari data tersebut, dapat dilihat bahwa persoalan yang berkaitan dengan akademik merupakan salah satu penyebab utama timbulnya stres pada mahasiswa.

Cara yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan stres yaitu dengan memberikan upaya intervensi terhadap stres tersebut. Kami tertarik untuk melakukan penelitian mengenai efektivitas intervensi terhadap stres akademik mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip). Dimana dalam penelitian ini intervensi yang diberikan kepada subjek penelitian yaitu berupa Kotak Semata (Semangat Bersama Kita).


Kotak Semata adalah bentuk intervensi psikologi dengan cara memberikan beberapa buah kotak sebagai tempat untuk mengumpulkan kertas yang bertuliskan tentang pengalaman stres yang dialami, strategi untuk menghilangkan stres dan kebersyukuran yang dirasakan oleh mahasiswa Fakultas Teknik dan akan menjadi suatu bentuk motivasi atau dorongan di saat mahasiswa stres dalam menjalani segala tuntutan akademis di perkuliahan. Dorongan ini adalah dorongan positif yang bersifat membangun.