PKM Undip Kalong Berdasi, Kaos Oblong Edukasi Gizi Masa Kini


SEMARANG, KampusUndip.com - Tim (Program Kreativitas Mahasiswa) PKM-Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) yang diketuai  Lilis Wijayanti, dan beranggotakan Elma Aprilia, Fatmala Sinta Kartika, Resti Mawarni, Rindi Antika memanfaatkan kaos sebagai salah satu media promosi gizi kepada masyarakat.

Kaos merupakan pakaian sehari-hari yang banyak digunakan oleh masyarakat dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Kaos dapat dimanfaatkan sebagai media promosi kesehatan seperti halnya pamplet maupun brosur. Kaos dengan edukasi gizi ini di namai Kalong Berdasi yang merupakan singkatan dari kaos oblong dengan edukasi gizi.

Kalong berdasi ini dibuat dari bahan kaos cotton combed 30s yang nyaman dipakai sehari-hari. Kainnya nyaman dipakai dan lembut, bahannya lebih kuat dan tidak mudah robek, tidak mudah kisut bila dicuci, tidak panas saat dipakai, menyerap keringat, dan tidak berbulu setelah dicuci. Selain itu bahan sablon yang digunakan merupakan sablon rubber dengan kualitas yang baik sehingga tahan pencucian berulang tanpa menghilangkan gambar pada kaos.






Kalong Berdasi memiliki sasaran promosi gizi di semua usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Desain kaos yang menghiasi Kalong Berdasi merupakan desain dengan tema edukasi gizi, seperti gambar hidup sehat dengan makanan sehat, konsumsi air putih, olahraga teratur, makan buah dan sayur, serta meningkatkan aktivitas fisik.




Dengan adanya kaos dengan edukasi kesehatan terutama tentang gizi ini diharapkan dapat membantu menggencarkan promosi kesehatan di bidang gizi serta memberikan manfaat kepada masyarakat agar dapat menerapkan kebiasaan hidup sehat dengan gizi yang seimbang.