Usulan Wisuda Undip Pakai Logo Khusus


Sebuah usulan ditujukan kepada segenap pimpinan Perguruan Tinggi Universitas Diponegoro Semarang (Rektor beserta jajarannya) perihal pelaksanaan Wisuda Undip.

Salam. Dengan hormat kepada pimpinan Universitas Diponegoro Semarang, melalui tulisan ini, saya mohon izin untuk menyampaikan ide usulan dan konsep baru perihal pelaksanaan wisuda Undip.

Rektor Undip beserta jajarannya yang terhormat, bagaimana jika prosesi upacara wisuda universitas yang digelar 4 kali dalam setahun menggunakan logo khusus? Adapun tujuan utama penggunaan logo khusus ini untuk meningkatkan branding dan media publikasi dari pelaksanaan wisuda universitas, sehingga diharapkan juga akan meningkatkan branding Undip secara umum.

Logo dikonsep selalu berganti tiap periode wisuda. Sehingga dengan adanya logo khusus, akan menambah inovasi dan kreatifitas serta nuansa khas moment wisuda yang mudah diingat dan dikenang oleh wisudawan.

Karena dikonsep selalu berganti tiap periode, jika usulan ini diterima, setiap akan memasuki masa wisuda, pihak universitas bisa menggelar sayembara logo misalkan kepada calon wisudawan. Sehingga meski sudah lulus, wisudawan tetap bisa turut aktif dan berkontribusi bagi kampusnya .

Pemenang diumumkan sebelum pelaksanaan wisuda dengan tujuan agar logo terpilih bisa dicetak dalam bentuk spanduk dan sebagainya yang kemudian dipasang untuk menyambut wisuda. Tujuannya agar wisuda Undip punya ciri khas dan gaungnya bisa dirasakan jauh-jauh hari tak hanya bagi calon wisudawan, tapi juga semua mahasiswa dan civitas akademika Undip.

Dan siapa yang memenangi sayembara kemudian dipanggil ke podium untuk diberikan hadiah ketika pelaksanaan wisuda disesuaikan dengan fakultasnya. Sehingga para hadirin bisa mengetahui siapa seseorang dibalik karya logo wisuda tersebut. Dengan langkah ini pula, jeda waktu di sesi wisuda bisa diisi dengan hal-hal yang bermanfaat.

Untuk mengawali konsep baru ini, bersama usulan ini pula saya sajikan contoh usulan logo untuk periode Wisuda Undip ke-147 yang akan berlangsung pada 8-11 Agustus 2017 di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) sebagai gambaran awal:




Demikian usulan ini saya sampaikan. Untuk keputusan dikembalikan sepenuhnya kepada pimpinan universitas. Semoga bisa dipertimbangkan. Mohon dimaafkan jika ada kesalahan dan hal yang kurang berkenan. Semoga bermanfaat. Salam.

Semarang, 6 Agustus 2017

Hormat saya,
Aji Kurniawan AP
S1 Ilmu Kelautan FPIK Undip