Mahasiswa KKN Undip Edukasi Pekerja Galangan Kapal


BATANG, KampusUndip.com - Mahasiswa KKN Tematik Undip mengadakan kegiatan edukasi yang bertemakan “Peningkatan Produktivitas Pada Pekerja Galangan Kapal di Batang” Rabu, (19/7/2017).

Bertempat di  galangan kapal CV. Laksana Abadi, beberapa mahasiswa S1 Teknik Perkapalan dan S1 Perikanan dibantu dengan beberapa mahasiswa jurusan lain, bersama-sama melakukan edukasi berupa pelatihan dan sosialisasi pada pekerja galangan kapal.

Kegiatan edukasi ini dilakukan saat para pekerja beristirahat, yaitu pukul 12.00 - 13.00 WIB. Dengan memaksimalkan waktu yang ada, diharapkan kegiatan edukasi ini tidak mengganggu kinerja dan produktivitas para pekerja galangan.

Kegiatan edukasi diawali dengan sosialisasi tentang variasi alat tangkap ikan, pengenalan dunia kapal modern, pelatih pengukuran kapal, penggambaran desain kapal dengan bantuan software dan lainnya. Terjadi komunikasi dua arah antara mahasiswa dan para pekerja galangan yang menunjukan bahwa mereka antusias mengikuti kegiatan ini.

Selama 21 hari peserta KKN mengabdi penuh pada masyarakat. Menurut Eko Sasmito selaku dosen KKN, optimis jika kegiatan edukasi ini akan bisa membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang dialami oleh para pekerja galangan kapal.

Dengan diadakannya edukasi ini, diharapkan kinerja dan produktivitas para pekerja galangan meningkat dan mengurangi kecelakaan kerja di galangan kapal (Penulis : Dennis Oscha Cholik)