Tabung Keki, Sarana Penghilang Stres Pada Lansia


WHO memperkirakan tahun 2025 jumlah lansia di seluruh dunia akan mencapai 1,2 miliar orang yang akan terus bertambah hingga 2 miliar orang di tahun 2050. Jumlah penduduk lansia di Indonesia berada di nomor empat terbesar di dunia setelah China, India, dan Amerika.

Orang lanjut usia adalah sebutan bagi mereka yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas. Usia tua ini adalah tahap di mana banyak terjadi penurunan pada diri seseorang. Penurunan dapat terjadi pada kondisi fisik, fungsi kognitif dan psikomotor, serta perubahan dalam peran sosial di masyarakat.

Berbagai perubahan membuat para lansia tidak menikmati usia-usianya tersebut dengan penuh kegembiraan bersama keluarga. Keadaan yang tidak sesuai dengan harapan itulah yang tentunya mengerucut kepada keadaan-keadaan yang memicu timbulnya stres.

Tabung Keki (Taman Bunga Kehidupan Kita) diciptakan oleh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) sebagai salah satu solusi penghilang stres pada lansia. Melalui ajang PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), tim Tabung Keki yang diketuai oleh Bertha Kristiyanti dan beranggotakan Ikhda Izzatul Aqiilah, Itsnaini Mubarokah, dan Talitha Lintang Pertiwi, serta dibimbing oleh Dinie Ratri Desiningrum, S. Psi., M. Si. ini, telah melakukan kegiatan Tabung Keki di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Wening Wardoyo Ungaran selama tiga bulan terakhir.





Tabung Keki pada dasarnya adalah sebuah taman yang di dalamnya para lansia mendapatkan motivasi kehidupan bersama alam. Selain itu, lansia juga ikut aktif dalam kegiatan di taman bunga dengan diadakannya senam Lansia dan sesi bercerita, sehingga mereka memiliki aktivitas ringan agar tetap merasa menjadi individu yang aktif dan memiliki arti.

Hasil kegiatan Tabung Keki memiliki pengaruh 96,1 % dalam mengurangi stres pada lansia. Oleh karena itu, Tabung Keki dianggap efektif untuk mengurangi tingkat stres pada lansia. Hal ini tentu sangat bermanfaat jika dapat dilakukan secara kontinyu.

Tim Tabung Keki berharap, karyanya dapat memberikan sumbangsih yang nyata bagi ilmu pengetahuan serta berguna bagi masyarakat khususnya lansia untuk menurunkan tingkat stres.